Konsultasi Kesehatan Bersama
Zoya Amirin, M.Psi

Psikolog seksual bersertifikasi dengan pendidikan seksual berlatar belakang psikologi. Ketua Komunitas Studi Perilaku Seksual, anggota Asosiasi Seksologi Indonesia. Pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, UI.

Ingin Kakak Lelaki Tidak Jadi Homoseksual

Irna Gustia - detikHealth
Selasa, 07/08/2012 16:16 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Saya ingin bertanya mengenai kakak laki-laki saya. Dia seorang tuna rungu. Dulu dia memiliki pacar perempuan, akan tetapi sekarang sudah putus. Sudah lebih dari satu setengah tahun ini saya tahu bahwa dia memiliki minat pada laki-laki.

Bermula dari sekedar mengagumi, kemudian bertambah parah setelah dia sempat tinggal jauh dari kami sekeluarga. Dia kini mulai mengoleksi gambar-gambar laki-laki dengan pakaian minim dan berkomunikasi dengan sesama komunitas tersebut melalui sms. Dulu saya sering mengingatkan bahwa itu tidak boleh sesuai dengan ajaran agama kami. Tapi dia tidak begitu peduli.

Saya bingung bagaimana cara mengkomunikasikannya dan mengembalikannya agar orientasi seksualnya kembali normal seperti laki-laki pada umumnya. Apakah ada cara yang bisa saya lakukan agar orientasi seksualnya kembali pada perempuan? Terimakasih sebelumnya.

Lin (Perempuan Lajang, 25 Tahun), nieX_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Saudari yang baik, saya paham kekhawatiran Anda. Melarang kakak Anda disaat dia masih cinta-cintanya itu bisa menimbulkan yang namanya Effect Romeo and Juliet. Semakin dilarang semakin gencar.

Jadi satu-satunya kalau Anda ingin mengembalikan rasa cinta kakak laki-laki Anda pada perempuan saya tidak mengatakan bahwa ini normal atau tidak, karena homoseksual sekalipun juga normal secara psikologi seksual.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit