detikhealth

Olahraga Apa yang Bisa Membantu Melancarkan BAB?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 08/08/2012 07:01 WIB
Olahraga Apa yang Bisa Membantu Melancarkan BAB?ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB) lebih sering dikaitkan dengan diet atau pola makan. Namun jangan salah, kadang-kadang olahraga juga bisa membantu melancarkan BAB. Jenis olahraga apa yang sebaiknya dilakukan saat susah BAB?

Prof Terry Bolin, seorang ahli saluran pencernaan dari University of New South Wales mengatakan tidak ada jenis olahraga yang dikhususkan untuk melancarkan BAB.

Semua jenis olahraga, seperti renang dan bersepeda bisa dilakukan untuk membantu melancarkan BAB.

Menurutnya, olahraga bisa menstimulasi sistem saraf agar fungsi otot dan saraf bisa bekerja dengan lebih baik. Pada sebagian besar kasus, pemicu utama susah BAB atau disebut juga konstipasi adalah menurunnya otot di sepanjang saluran pencernaan.

"Konstipasi memiliki pemicu fisik, karena saraf dan otot di sepanjang saluran pencernaan tidak bekerja sebagaimana mestinya," kata prof Bolin seperti dikutip dari ABC.net.au, Rabu (8/8/2012).

Selain itu, olahraga juga berhubungan erat dengan gaya hidup yang sehat dan secara tidak langsung sangat berguna untuk mencegah susah BAB.

Orang yang suka olahraga umumnya memiliki diet yang lebih sehat, banyak serat yang bagus untuk sistem pencernaan.

Namun Prof Bolin menegaskan, tidak semua jenis konstipasi bisa diatasi hanya dengan olahraga.

Hanya konstipasi ringan saja yang bisa diredakan dengan olahraga, itupun dengan tidak meninggalkan diet serat sebagai syarat utama kalau mau lancar BAB.

Kalaupun diet dan olahraga belum cukup untuk melancarkan BAB, sebaiknya jangan buru-buru berpaling ke obat-obat laksatif atau pencahar.

Berlebihan memakai obat tersebut bisa memicu efek samping yang disebut usus malas, yakni istilah untuk ketergantungan pada obat pencahar.

Beberapa jenis makanan, terutama pisang dan pepaya bisa membantu mengatasi susah BAB secara efektif.

Kalau itu juga belum berhasil, jeli dan agar-agar juga bisa membantu karena bisa memperbesar volume tinja dan merangsang gerak peristaltik atau gerakan usus untuk mengeluarkan kotoran.

(up/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit