detikhealth

Ulasan Khas Teror Kolesterol

Kenapa Cek Kolesterol Harus Puasa Dulu 12 Jam?

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 08/08/2012 14:09 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Saat akan memeriksakan kadar kolesterol di laboratorium, biasanya diminta untuk berpuasa dulu 12-14 jam sebelumnya. Kenapa harus pakai puasa?

"Sebelum periksa kolesterol memang diharuskan puasa. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan pengukuran akibat adanya pengaruh dari lemak yang baru dikonsumsi," kata dr Djoko Maryono DSDP, DSJP, FIHA, FACC, spesialis penyakit dalam dan penyakit jantung dari RS Pondok Indah dan RS Pertamina ketika dihubungi detikHealth, Rabu (8/8/2012).

Memang untuk memeriksa kadar kolesterol sebenarnya tidak perlu puasa sebab puasa hanya perlu dilakukan untuk mengecek kadar trigliserida. Namun karena pemeriksaan yang dilakukan biasanya satu paket, maka disyaratkan berpuasa selama 12-14 jam sebelum dilakukan pemeriksaan.

Selama 24 jam sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya jangan melakukan aktivitas berat karena kelelahan yang amat sangat dapat berpengaruh pada hasil pemeriksaan.

Oleh karena itu, waktu yang optimal untuk melakukan pemeriksaan adalah pagi hari ketika tubuh belum banyak beraktifitas.

Dalam hasil pemeriksaan yang diberikan laboratorium atau rumah sakit, biasanya disajikan informasi mengenai 4 komponen lemak utama dalam darah, yakni total kolesterol, kolesterol LDL (kolesterol jahat), kolesterol HDL (kolesterol baik) dan trigliserida.

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) adalah yang paling banyak berada di dalam darah. Tingginya kadar LDL akan menyebabkan pengendapan kolesterol dalam arteri sehingga sering disebut kolesterol jahat. Sedangkan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) berfungsi mengangkut kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah ke hati untuk diproses dan dibuang.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit