detikhealth

Ini Penyebab Perempuan dengan Rambut Berlebih Sulit Hamil

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 09/08/2012 09:35 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Umumnya rambut yang tumbuh berlebih di tubuh hanya dialami oleh laki-laki, tapi kadang ada pula perempuan yang memilikinya. Ternyata rambut berlebih ini bisa membuat perempuan sulit hamil.

Kondisi ini dialami oleh Marianne Ponsonby-White yang tiap pagi harus memeriksa wajahnya di cermin, bukan mencari keriput atau bintik melainkan rambut yang tidak diinginkan.

"Setiap pagi tanpa terlewati ada setidaknya selusin rambut hitam tebal yang muncul di pipi dan juga dagu," ujar Marianne, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (9/8/2012).

Perempuan berusia 30 tahun ini diketahui memiliki sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS) yang mana ada ketidakseimbangan hormon dalam ovarium sehingga memiliki hormon laki-laki testosteron berlebih.

Kondisi ini menyebabkan pembentukan kista kecil yang sebagian besar tidak bermasalah, pertumbuhan rambut berlebihan (hirsutisme), kebotakan, menstruasi yang tidak menentu, jerawat dan masalah kesuburan.

Sekitar 40 persen perempuan dengan PCOS akan mengalami masalah kesuburan seperti sulit hamil. Ini karena kadar testosteron berlebih membuat ovulasi tidak teratur sehingga lebih sulit untuk hamil secara alami. Karena itu sekitar seperempat perempuan dengan PCOS memerlukan bantuan untuk pembuahan.

Pada kasus Marianne ia hanya memiliki sedikit gejala tersebut, salah satunya adalah rambut berlebihan yang membuatnya merasa benar-benar tidak feminin.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit