detikhealth

Cara Paling Sehat Menyimpan Bahan Makanan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 10/08/2012 07:10 WIB
Cara Paling Sehat Menyimpan Bahan Makanan(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Setiap orang pasti sepakat jika makanan akan lebih terasa enak jika bahan-bahan makanannya masih segar. Ada beberapa cara mengelola bahan makanan yang Anda beli agar tetap segar meski tak langsung diolah.

Simak 13 strategi khusus untuk membuat bahan makanan yang Anda beli tetap terlihat segar dan layak dimasak seperti halnya dikutip dari huffingtonpost, Jumat (10/8/2012) berikut ini.

1. Tak semua buah bisa didinginkan
Hampir semua orang selalu berpikir untuk meletakkan buah-buahan dan sayuran ke dalam lemari es agar tetap segar. Padahal buah-buahan tropis seperti pisang, kiwi dan manggis tak tahan dengan kondisi dingin dan harus disimpan di tempat yang sejuk atau memiliki suhu kamar.

2. Bilas dengan cuka
Bilas buah-buahan beri dengan air yang telah dicampuri sedikit cuka sebelum dimasukkan ke lemari es. Namun jangan tambahkan cuka terlalu banyak atau ketika dimakan, rasa buah yang Anda simpan tadi akan membuat Anda kecewa.

3. Beli bahan makanan lokal
Gagasan ini cukup sederhana. Semua orang tahu bahwa makanan, khususnya buah yang dibeli di pasar dekat rumah terjamin kesegarannya dan tidak melalui perjalanan panjang yang akan mengurangi kualitas bahan makanan seperti halnya buah dan sayuran yang dijual di supermarket. Lakukan hal ini jika memungkinkan saja.

4. Simpan daging dan ikan di lemari es bawah
Daging dan ikan masih bisa segar tanpa harus dimasukkan ke dalam freezer. Caranya, simpan daging dan ikan di lemari es paling bawah karena bagian ini adalah yang paling dingin.

5. Jangan taruh makanan dalam wadah tertutup
Jangan taruh buah dan sayuran Anda dalam wadah tertutup seperti kotak plastik atau plastik zip. Hal ini karena respirasi merupakan komponen terpenting untuk mempertahankan kesegaran buah dan sayuran. Jadi pastikan untuk tidak menutup plastik zip atau mengunci buah dan sayuran Anda di dalam wadah kedap udara terlalu lama.

6. Kenali keju yang Anda pakai
Keju merupakan bahan makanan yang rentan rusak jika Anda salah mengelolanya namun sebenarnya ada cara sederhana untuk membuatnya tetap segar. Anda harus tahu bahwa para prinsipnya, semakin lembab kondisi keju maka keju itu akan semakin rentan untuk berjamur.

Keju kering seperti parmesan dan romano mungkin bisa tahan lebih lama namun keju cottage dan mozarella tak bisa tahan lama bila dimasukkan dalam lemari es.

7. Pertahankan kelembabannya
Pertahankan kadar kelembaban buah, sayuran, daging, keju dan salad hijau. Satu teknik yang terbukti manjur adalah membilas sayuran dan membungkusnya dalam handuk kertas, kemudian menempatkan sayuran yang sudah dibungkus tadi ke dalam tas plastik dan disimpan dalam lemari es.

8. Direndam dalam air es
Ketika sayuran yang Anda simpan dalam lemari es mulai layu, masukkan sayuran itu dalam air es selama beberapa menit. Air dingin itu akan menembus kulit sayuran dan mengembalikan karakteristik kesegarannya.

9. Jangan simpan kentang dalam kulkas
Anda perlu tahu jika kentang akan menjadi manis di dalam lemari es karena kandungan patinya berubah menjadi gula. Simpan saja di tempat yang sejuk dan kering.

10. Simpan herbal dalam plastik zip
Anda bisa menyimpan obat atau bumbu herbal di dalam freezer agar tetap segar. Namun sebelumnya letakkan bahan-bahan itu ke dalam plastik zip dan bisa dipastikan ini akan tetap segar hingga lebih dari sebulan.

11. Letakkan daun salam
Nasi dan pasta biasanya takkan rusak namun mungkin sebagian dari Anda sudah tahu jika beberapa jenis serangga tertentu seperti kumbang suka masuk ke dalam tempat penyimpanan nasi dan pasta. Oleh karena itu basmi kumbang dan 'serangga tepung' lainnya dengan menempatkan daun salam di sekitar dapur. Aromanya akan mencegah serangga-serangga itu menyerang bahan makanan Anda.

12. Gunakan lemon atau jeruk nipis
Alpukat dan apel terkenal memiliki usia pemakaian yang pendek. Tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis pada kedua buah tersebut untuk membuatnya tetap segar.

13. Rendam kentang dalam air
Rendamlah kentang yang sudah Anda potong-potong itu ke dalam air selama beberapa lama untuk mencegah oksidasi dan membuat potongan kentang tampak dan terasa lebih segar sebelum dimasak atau dibuat salad.

(ir/ir)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit