detikhealth

Dada Nyeri Setelah Jogging, Apakah Gangguan Jantung?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 10/08/2012 09:47 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dokter, awalnya saya sering mengeluh sakit seputar dada setelah jogging 30 menit ke atas (kalau sebentar malah tidak terasa). Akhir-akhir ini rasa sakit di dada hilang, tapi malah pindah ke kepala kiri, ini juga setelah olahraga 30 menitan. Apakah ada gangguan jantung dan pembuluh darah dok? Terimakasih

William (Laki-laki Lajang, 38 Tahun), si_fresXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 175 Cm, Berat Badan 85 Kg

Jawaban

Berdasarkan pernyataan Anda, terlebih dahulu kami ingin mengetahui berapakah tekanan darah Anda? Jika tekanan darah Anda termasuk tinggi maka gejala yang dialami saat ini bisa dikarenakan tekanan darah ataupun kolesterol yang tinggi. Kami tidak dapat memastikan apakah Anda memiliki penyakit jantung atau tidak, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan jantung atau general check up.

Tekanan darah atau kolesterol yang tinggi diketahui bisa mempengaruhi kinerja dari jantung dan menjadi faktor risiko untuk penyakit jantung. Ini karena tekanan darah yang tinggi akan membuat jantung bekerja memompa lebih keras sehingga aliran darah menjadi lebih cepat.

Serta kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan terjadinya penumpukan lemak atau plak di dalam pembuluh darah yang tentu saja mempengaruhi kinerja dari jantung sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika Anda berkenan, kami harap Anda dapat datang ke kantor kami untuk konsultasi (gratis) dengan Dokter kami sambil membawa hasil pemeriksaan jantung mama Anda yang terakhir. Jika ada yang masih ingin anda tanyakan, bisa menghubungi kami atau datang ke kantor kami dengan pemberitahuan sehari sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit