detikhealth

Nilai Diri Sendiri Gemuk Bisa Benar-benar Bikin Gemuk

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 10/08/2012 12:01 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Berat badan di atas normal alias gemuk merupakan kondisi yang biasanya disebabkan oleh pola makan yang salah atau jarang melakukan aktivitas fisik. Namun menurut sebuah studi baru, sebenarnya hal ini bisa terjadi karena persepsi Anda sendiri.

Kondisi semacam ini sering terjadi pada remaja yang memiliki berat badan normal. Masalahnya baru kelihatan ketika si remaja menganggap dirinya gemuk, padahal hal ini akan cenderung mendorongnya menjadi benar-benar gemuk atau bahkan mengalami obesitas saat dewasa nanti.

Tim peneliti dari Norwegian University of Science and Technology (NTNU) menemukan satu penjelasan terkait kondisi ini yaitu tekanan psikososial.

Dalam skenario ini, tekanan psikososial yang berhubungan dengan tipe tubuh ideal dan persepsi diri sebagai orang yang mengalami kelebihan berat badan dapat mengakibatkan penambahan berat badan.

"Penjelasan lainnya adalah generasi muda yang menganggap dirinya gemuk seringkali mengubah kebiasaan makannya, misalnya dengan melewatkan jam makan. Padahal penelitian telah menunjukkan bahwa mengabaikan sarapan dapat menyebabkan obesitas," ungkap peneliti Koenraad Cuypers seperti dilansir dari zeenews, Jumat (10/8/2012).

Selain itu, jika seseorang tidak konsisten mengikuti sebuah pola diet maka bisa dipastikan orang itu akan menjadi kontraproduktif, karena tubuhnya berupaya mempertahankan berat badan sebelum dia memulai diet tersebut.

Peneliti pun mencari tahu apakah aktivitas fisik yang membedakan hubungan antara obesitas yang dipersepsikan dengan kondisi obesitas yang sebenarnya.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit