detikhealth

Pria yang Sering Pakai Skinny Jeans Bisa Bikin Testis Terpelintir

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 10/08/2012 13:32 WIB
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Mode tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan wanita saja, bahkan pria dapat pula mengalami masalah kesehatan karena pemakaian celana jeans yang terlalu ketat atau skinny jeans.

Pemakaian skinny jeans yang berlebihan dapat menyebabkan torsio testis (terpelintirnya testis) dan masalah pada kandung kemih.

Para peneliti menemukan bahwa pria yang terlalu sering memakai skinny jeans dapat memiliki masalah pada kandung kemihnya, bahkan parahnya dapat menyebabkan torsio testis atau terpelintirnya testis.

Pemakaian celana yang terlalu ketat dapat menyebabkan torsio testis, yaitu kondisi terpelintirnya funikulus spermatikus. Kondisi ini dapat menghambat suplai darah dan menyebabkan gangren pada testis, yaitu kematian jaringan tubuh.

Sementara itu, hubungan langsung antara pakaian ketat dengan jumlah sperma yang rendah belum diteliti. Tetapi para ahli mencatat bahwa pria yang memakai celana yang longgar cenderung memiliki jumlah sperma yang lebih banyak.

Para peminat mode skinny jeans menginginkan adanya vaksin anti-torsio testis agar tetap dapat menggunakan mode tersebut tanpa perlu khawatir akan bahaya kesehatan yang mengancamnya.

Padahal dengan cara vaksinasi melalui suntikan juga dapat membahayakan kesehatan, DNA dan jumlah sperma yang terus turun hingga meningkatkan risiko infertilitas, seperti dilansir naturalnews, Jumat (10/8/12).

Olah karena itu, para pria diharapkan tidak menempuh cara medis yang mungkin juga berisiko terhadap kesehatan demi menghindari bahaya pemakaian skinny jeans.

Lebih baik gunakan celana yang longgar dan tidak terlalu ketat untuk menghindari terpelintirnya testis dan kerusakan permanen pada kandung kemih.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 2000 pria di Inggris, hasilnya 1 dari 10 pria yang mengenakan skinny jeans mengalami kondisi torsio testis.

(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit