detikhealth

Hal Mengejutkan Ternyata Baik untuk Gigi

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 10/08/2012 16:58 WIB
Hal Mengejutkan Ternyata Baik untuk GigiIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Makanan-makanan dan minuman yang pernah dianggap berakibat buruk bagi gigi dan mulut sebenarnya dapat meningkatkan kebersihan gigi. Bahkan permen dan kopi yang selama ini terkenal merusak gigi, ternyata memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan gigi.

Seperti dilansir sheknows, Jumat (9/8/12), berikut 4 jenis makanan dan minuman yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut, antara lain:

1. Permen kenyal

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh BMC Oral Health pada tahun 2008, anak yang makan permen dengan tekstur kenyal tiga kali sehari memiliki plak gigi dan bakteri dalam mulut yang lebih sedikit daripada anak yang tidak makan permen tersebut.

Kebanyakan permen kenyal, seperti permen karet dibuat dengan xylitol yang sebenarnya merupakan pemanis alami yang ditemukan dalam buah dan sayuran, termasuk stroberi, jamur, selada, dan jagung tongkol.

Xylitol menyeimbangkan tingkat pH tubuh, menyapu bakteri, virus dan parasit pada rongga mulut yang cenderung tumbuh di lingkungan asam. Produk yang mengandung xylitol tidak hanya mengurangi gigi berlubang hingga 80 persen, tetapi juga lebih rendah kalori daripada jenis permen lain yang mengandung pemanis buatan.

Para ahli tidak menyarankan untuk mengonsumsi permen kenyal secara rutin agar diperoleh mulut dan gigi yang sehat. Tetapi permen kenyal dapat menjadi pilihan camilan yang sehat daripada permen jenis lainnya.

2. Kopi

Selain membantu agar tetap waspada, minum minuman berkafein di pagi hari sebenarnya juga baik untuk kesehatan gigi. Kopi juga mengandung trigonelina yang bekerja untuk membantu mencegah gigi keropos dan kerusakan lain dengan memberikan lapisan pelindung pada gigi.

Trigonelina juga bekerja menjaga rongga tempat menempelnya bakteri pada gusi dan gigi. Tetapi kopi juga dapat meninggalkan noda dan bau mulut, sehingga gosoklah gigi Anda segera setelah minum kopi.

3. Anggur merah

Para peneliti di Italia telah menemukan bahwa anggur merah dapat menghambat peradangan yang disebabkan oleh periodontal gusi, atau penyakit lainnya.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa bahan kimia dalam anggur merah yang disebut proantosianidin memiliki sifat antioksidan kuat yang bekerja mencegah bakteri menempel pada ludah dan gigi, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

4. Keju dan yoghurt

Keju ternyata dapat membantu memperkuat permukaan gigi, karena keju memiliki sifat yang sama seperti susu dan produk susu lainnya. Yoghurt juga menimbulkan sifat perlindungan kalsium di sekitar gigi, yang bekerja melindungi enamel dan melawan bakteri.

Sebuah studi yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa anak yang makan sepotong keju atau sebanyak 5 gram setelah sarapan setiap hari selama dua tahun, memiliki gigi berlubang yang secara signifikan lebih sedikit daripada anak yang tidak melakukan hal serupa.

Sedangkan yoghurt bekerja untuk mengisi mulut Anda dengan bakteri sehat dan melawan bakteri-bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit gusi.

(ir/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit