detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Hal Mengejutkan Ternyata Baik untuk Gigi

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 10/08/2012 16:58 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Makanan-makanan dan minuman yang pernah dianggap berakibat buruk bagi gigi dan mulut sebenarnya dapat meningkatkan kebersihan gigi. Bahkan permen dan kopi yang selama ini terkenal merusak gigi, ternyata memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan gigi.

Seperti dilansir sheknows, Jumat (9/8/12), berikut 4 jenis makanan dan minuman yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut, antara lain:

1. Permen kenyal

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh BMC Oral Health pada tahun 2008, anak yang makan permen dengan tekstur kenyal tiga kali sehari memiliki plak gigi dan bakteri dalam mulut yang lebih sedikit daripada anak yang tidak makan permen tersebut.

Kebanyakan permen kenyal, seperti permen karet dibuat dengan xylitol yang sebenarnya merupakan pemanis alami yang ditemukan dalam buah dan sayuran, termasuk stroberi, jamur, selada, dan jagung tongkol.

Xylitol menyeimbangkan tingkat pH tubuh, menyapu bakteri, virus dan parasit pada rongga mulut yang cenderung tumbuh di lingkungan asam. Produk yang mengandung xylitol tidak hanya mengurangi gigi berlubang hingga 80 persen, tetapi juga lebih rendah kalori daripada jenis permen lain yang mengandung pemanis buatan.

Para ahli tidak menyarankan untuk mengonsumsi permen kenyal secara rutin agar diperoleh mulut dan gigi yang sehat. Tetapi permen kenyal dapat menjadi pilihan camilan yang sehat daripada permen jenis lainnya.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit