detikhealth

Tanaman Hijau Bisa Kurangi Polusi Hingga 8 Kali Lipat

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 13/08/2012 14:17 WIB
Tanaman Hijau Bisa Kurangi Polusi Hingga 8 Kali LipatIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Taman yang asri dan hijau diketahui bisa membantu menyejukkan mata. Tapi ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari taman yang dipenuhi pepohonan ini, yaitu bisa menurunkan polusi udara hingga 8 kali lipat.

Sebuah studi baru mengungkapkan tanaman hijau seperti pepohonan dan semak-semak rumput hijau diketahui bisa membantu mengurangi tingkat polusi udara bahkan hingga 8 kali lipat.

Dalam penelitian sebelumnya sudah diketahui bahwa pohon dan tanaman hijau dapat meningkatkan kualitas udara di perkotaan dengan cara menghapus dua jenis polutan yaitu nitrogen dioksida (NO2) dan partikel mikroskopis.

Thomas Pugh dan rekan menjelaskan bahwa konsentrasi dari kedua jenis polutan udara ini bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, dan tingkat keduanya sudah melebihi batas aman di jalan-jalan ibu kota.

Beberapa tindakan yang selama ini dilakukan umumnya hanya memberikan sedikit perbaikan yaitu mengurangi polusi kurang dari 5 persen. Untuk itu peneliti berusaha mencari cara baru dalam mengurangi polusi udara ini.

Dalam studi baru ini diketahui menempatkan rumput hijau dan pepohonan di daerah perkotaan bisa mengurangi konsentrasi NO2 di jalan sebanyak 40 persen dan partikel mikroskopis sebanyak 60 persen, seperti dikutip dari MedIndia, Senin (13/8/2012).

Jumlah yang didapatkan ini diketahui jauh lebih besar dibanding dengan perkiraan sebelumnya. Hasil studi ini telah dilaporkan dalam ACS journal Environmental Science and Technology.

Para peneliti menyarankan untuk menanam banyak pohon dan lembah hijau lainnya di sekeliling bangunan pabrik, ini karena pohon-pohon tersebut terbukti efektif menangkap polutan udara yang ada.

(ver/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit