detikhealth

Cemas Kondisi Jantung Karena Bentuk Dada Seperti Burung

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 13/08/2012 14:35 WIB
Cemas Kondisi Jantung Karena Bentuk Dada Seperti Burungilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dada kiri saya berbentuk "dada burung", kata ibu itu karena penyakit asma saya sewaktu kecil. Sudah setahun terakhir ini, saya sering merasa nyeri dan sesak di area dada kiri sebelah atas saat kecapean, udara dingin, ataupun saat menarik napas dalam-dalam dan lengan kiri saya sering terasa capek.

Dan saat saya melakukan aktivitas berat, jantung saya lebih cepat berdebar daripada biasanya dan lebih lama. Apakah ini pengaruh dari penyakit asma saya dulu dok? Apa ada kemungkinan asma saya kambuh lagi? Dan apakah hal tersebut berpengaruh pada jantung saya? Bagaimana cara mengatasinya dok?

Kiki (Perempuan Lajang, 18 Tahun), saraXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 168 Cm, Berat Badan 61 Kg

Jawaban

Berdasarkan pernyataan Anda, jika anda penderita asma sejak kecil maka kemungkinan asma Anda kambuh kembali itu ada. Jika Anda merasa sesak apakah saat bernapas, napas Anda seperti penderita asma?

Gejala yang Anda alami saat ini, kemungkinan di karenakan pengaruh dari bentuk ruang dada Anda. Jika Anda berkenan, kami harap Anda dapat datang ke kantor kami dan berkonsultasi (gratis) dengan dokter kami.

Kelainan dada burung bisa muncul ketika dilahirkan atau saat anak memasuki usia balita. Kondisi ini jarang menyebabkan risiko kematian, tapi bisa menimbulkan gangguan salah satunya adalah memicu sesak napas.

Kondisi ini membuat rongga dada jadi menyempit yang secara tidak langsung mempengaruhi organ jantung dan juga paru-paru. Gangguan yang muncul biasanya disebabkan oleh adanya tekanan dari tulang dada terhadap jantung sehingga mengganggu kinerja jantung.

Jika Anda berkenan, kami harap Anda dapat datang ke kantor kami untuk konsultasi (gratis) dengan Dokter kami sambil membawa hasil pemeriksaan jantung mama Anda yang terakhir. Jika ada yang masih ingin anda tanyakan, bisa menghubungi kami atau datang ke kantor kami dengan pemberitahuan sehari sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(ver/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit