detikhealth

PMI Sediakan 285 Pos Pertolongan dan 246 Ambulans untuk Lebaran

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Senin, 13/08/2012 15:06 WIB
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Menjelang arus mudik dan arus balik lebaran 2012, PMI (Palang Merah Indonesia) bersiap siaga memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman. Bekerjasama dengan beberapa pihak terkait, PMI menyiapkan pos-pos di beberapa titik strategis di Jawa, Sumatra dan Bali.

Ada sebanyak 285 pos pertolongan pertama gabungan yang disiapkan dan dilengkapi 246 unit ambulans. Pos-pos ini ditempatkan di jalur mudik yang ramai seperti terminal, stasiun, kereta api, pelabuhan dan tempat wisata.

Daerah-daerah yang tercakup dalam pelayanan ini adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, DIY, Bengkulu, Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Lampung, Riau dan Bali.

"Mulai H-7 dan H+7, sekitar 4.580 relawan termasuk dokter dan perawat akan siaga di pos-pos pertolongan pertama gabungan dan ambulans PMI untuk membantu pemudik. Selama siaga lebaran, pos PP PMI bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Jasa Marga, TNI dan Polri," kata Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla dalam acara Apel Siaga Lebaran di Kantor Pusat PMI di Jakarta, Senin (13/8/2012).

Dalam kesempatan ini, Jusuf Kalla atau akrab disapa dengan panggilan JK melepas secara simbolis 20 armada ambulans dan 120 personil tim ambulans dari PMI DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. JK juga memberikan first aid kit kepada tim ambulans sebagai bagian dari peralatan tim medis selama lebaran.

Usai apel, JK mengunjungi stasiun Senen untuk melihat pemeriksaan media di pos pertolongan pertama PMI Gabungan.


(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit