detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Yoga Saat Hamil Bisa Kurangi Depresi dan Tingkatkan Ikatan Batin

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 13/08/2012 17:25 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Depresi dan stres yang dialami ibu hamil bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi yang dikandung. Ternyata yoga diketahui bisa membantu mengurangi depresi pada ibu hamil sekaligus meningkatkan hubungan ibu dan bayi.

Ini merupakan studi pertama yang memberikan bukti bahwa yoga kemungkinan bisa memberikan pengobatan yang efektif untuk atasi depresi pada ibu hamil, mengatasi stres dan meringankan gejala yang muncul.

Hormon kehamilan diketahui menyebabkan perubahan suasana hati, kondisi ini membuat calon ibu berisiko tinggi terhadap masalah mental seperti depresi atau stres berat, karenanya diperlukan ada bantuan yang signifikan untuk membantu atasi gejala depresi.

"Yoga bisa menjadi alternatif yang efektif untuk mengatasi ibu hamil yang memiliki tanda-tanda depresi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi," ujar ketua studi Maria Muzik dari University of Michigan, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (13/8/2012).

Gangguan kesehatan mental selama kehamilan bisa membuat ibu hamil menjadi depresi, kecemasan, mudah marah secara terus menerus, perasaan kewalahan serta ketidakmampuan untuk mengatasi stres.

Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi termasuk kenaikan berat bada nyang buruk, preeklampsia, persalinan prematur dan ikatan batin yang kurang antara ibu dan anak.

"Sayangnya hanya sedikit perempuan yang menerima perawatan dan banyak yang enggak berobat karena khawatir akan keselamatan bayinya. Itu sebabnya pengembangan alternatif pengobatan lain sangat penting," ujar Muzik.

Perempuan lebih nyaman dengan perawatan non medis seperti herbal, teknik relaksasi dan hubungan pikiran-tubuh seperti yoga. Latihan yoga menggabungkan fokus meditasi dengan pose fisik yang telah terbukti menjadi metode kuat untuk melawan stres dan meningkatkan energi.

Studi yang dilaporkan dalam Complementary Therapies Clinical Practice melibatkan perempuan yang hamil usia 12-26 minggu dan melakukan sesi yoga selama 90 menit yang difokuskan pada tubuh ibu hamil.

(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit