detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Dito Anurogo

dr. Dito Anurogo, medical doctor at neuroscience department and Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII), Surya University, Indonesia.

Sebulan Batuk Berdahak, Bagaimana Mengobatinya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 15/08/2012 15:32 WIB
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dok, sebulan lalu saya terkena batuk dengan dahak kadang berwarna kuning, kadang putih, dan kadang bening. Belum sembuh total hingga saat ini. Pernah juga saya menggunakan obat toko dengan merk tertentu, tapi tetap belum sembuh. Kadang-kadang masih muncul, hanya saja frekuensinya berkurang.

Kemarin karena terasa di dalam, saya sedikit paksakan untuk batuk, dan yang keluar berwarna bening dengan sedikit bercak darahnya. Saat ini, tenggorokan saya terasa panas dan sakit buat menelan. Dada sebelah kiri atas kadang terasa nyeri, kadang rasa itu hilang, seperti masuk angin. Kadang juga serasa sampai punggung saya juga sering bersendawa jika rasa nyeri itu muncul.

Apa itu dikarenakan saya memiliki riwayat sakit maag juga ya dok? Sekarang jika masih terasa ada dahak di dalam, kadang saya takut untuk batuk, karena khawatir keluar darahnya lagi. Mohon pencerahan dari dokter Dito, apa dan bagaimana penyembuhan penyakit saya ini, ya dok?.

Haris (Pria Lajang, 26 Tahun), hrs_XXX@ymail.com
Tinggi Badan 169 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban:

Saudara Haris, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung ke permasalahan, berdasarkan uraian Anda maka ada kemungkinan diagnosis tuberculosis (TBC) atau pulmonary tuberculosis.

Mengenai sputum atau dahak, apabila berwarna putih, itu pertanda penyakitnya masih akut (belum lama berlangsung). Makin lama, bila terjadi infeksi sekunder, maka sputum akan berwarna kekuning-kuningan hingga kuning. Bila sudah parah, berat, atau berlangsung lama (kronis), maka sputum dapat berwarna merah (hemoptoe, batuk darah).Next

Halaman 1 2 3
(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit