detikhealth

Pengobatan Apakah yang Terbaik untuk Kanker Multiple Myeloma?

Kamis, 16/08/2012 10:36 WIB
Pengobatan Apakah yang Terbaik untuk Kanker Multiple Myeloma?ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dokter, ibu saya umur 54 tahun satu bulan yang lalu menjalani operasi tulang belakang. Diagnosa awal adalah TB tulang, tetapi ketika dioperasi tidak ada TB-nya melainkan Tumor Multiple Myeloma.

Pasca operasi keluhan nyeri di kaki sehingga sampai sekarang cuma bisa berbaring di kamar tidur. Kemarin dokter yang merawat bilang kalau akan dikemoterapi. Pertanyaan, perawatan untuk ibu saya sebaiknya bagaimana?

Vivin (Perempuan Lajang, 27 Tahun), vivinXXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 155 Cm, Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Untuk Tumor Multiple Myeloma memang harus dikemoterapi agar hasil yang didapatkan lebih maksimal karena tumor yang berada pada myeloma umumnya berjumlah cukup banyak sehingga harus diberantas dengan kemoterapi total lewat infus.

Multiple myeloma adalah kanker pada sel plasma, yaitu sejenis sel darah putih yang berada di dalam sumsum tulang Anda. Sel plasma ini biasanya berfungsi membuat protein yang disebut antibodi untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Dalam multiple myeloma, sekelompok sel plasma darah (sel myeloma) menjadi kanker dan jumlah sel plasma ini akan meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan kadar normal.

Kondisi ini membuat sel-sel normal membuat protein sehingga kadarnya dalam darah menjadi abnormal dan naik. Multiple myeloma ini bisa mempengaruhi tulang, sistem kekebalan tubuh, ginjal dan jumlah sel darah merah.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di Gedung Menara Citicon Lantai 11 Blok C2, Jl. Jend S Parman kavling 72 slipi, Jakarta Barat. Nomer telepon: (021) 999 333 80, (021) 920 88881, (021) 2930 8708, (021), 2930 8709 0818197758.

Cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.
Alamat Website:
www.cancerhospital.co.id
http://www.asiancancer.com/


(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit