detikhealth

Pengobatan Apakah yang Terbaik untuk Kanker Multiple Myeloma?

Kamis, 16/08/2012 10:36 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dokter, ibu saya umur 54 tahun satu bulan yang lalu menjalani operasi tulang belakang. Diagnosa awal adalah TB tulang, tetapi ketika dioperasi tidak ada TB-nya melainkan Tumor Multiple Myeloma.

Pasca operasi keluhan nyeri di kaki sehingga sampai sekarang cuma bisa berbaring di kamar tidur. Kemarin dokter yang merawat bilang kalau akan dikemoterapi. Pertanyaan, perawatan untuk ibu saya sebaiknya bagaimana?

Vivin (Perempuan Lajang, 27 Tahun), vivinXXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 155 Cm, Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Untuk Tumor Multiple Myeloma memang harus dikemoterapi agar hasil yang didapatkan lebih maksimal karena tumor yang berada pada myeloma umumnya berjumlah cukup banyak sehingga harus diberantas dengan kemoterapi total lewat infus.

Multiple myeloma adalah kanker pada sel plasma, yaitu sejenis sel darah putih yang berada di dalam sumsum tulang Anda. Sel plasma ini biasanya berfungsi membuat protein yang disebut antibodi untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Dalam multiple myeloma, sekelompok sel plasma darah (sel myeloma) menjadi kanker dan jumlah sel plasma ini akan meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan kadar normal.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit