detikhealth

Ini Akibat Salah Operasi Plastik

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 16/08/2012 13:54 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Saat ini banyak orang yang ingin mengubah penampilan tapi menggunakan cara yang salah. Alhasil bukan wajah cantik atau bentuk tubuh indah yang didapat, melainkan dampak buruk yang bahkan bisa menyebabkan meninggal.

Operasi plastik bukanlah prosedur yang mudah dilakukan karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika tak ingin mendapatkan dampak yang buruk. Prosedur ini juga tidak boleh dilakukan sembarangan, tapi harus oleh ahlinya dan dilakukan di tempat yang benar.

Berikut ini beberapa contoh prosedur operasi plastik yang salah dan menimbulkan bahaya, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (16/8/2012) yaitu:

1. Claudia Aderotimi meninggal setelah mendapat suntikan untuk bokong
Model asal Inggris yang masih berusia 20 tahun ini mengeluh mengalami nyeri dada dan sesak napas setelah menerima perawatan pada Februari 2011. Keluhan yang muncul ini terjadi setelah ia mendapatkan suntikan untuk meningkatkan bokongnya. Diketahui ia meninggal akibat adanya gumpalan darah yang bersarang di paru-parunya akibat komplikasi dari injeksi silikon tersebut.

2. Meninggal akibat kelainan darah yang tidak diketahui
Kelly McLure (31 tahun) menderita serangan jantung dan kerusakan otak selama melakukan prosedur rutin di dagu dan hidungnya. Ia pun meninggal sekitar 6 bulan berikutnya.

Diketahui ia menderita defisiensi antitrombin III yang membuatnya rentan terhadap DVT (deep vein thrombosis), tapi kondisi ini tidak diketahui sampai hari operasi tiba.

3. Implan payudara PIP yang bocor
Karen Arthur sangat takut akan memiliki kanker payudara ketika muncul benjolan di payudaranya setelah beberapa tahun menggunakan implan payudara PIP (Poly Implants Prothease). Hasil scan menunjukkan implan silikon ini telah pecah dan bocor ke kelenjar getah bening, beruntung dokter bisa mengatasi hal ini.

4. Menerima 9 tusukan di usus selama melakukan sedot lemak
Denise Hendry melakukan sedot lemak untuk membentuk tubuhnya, tapi ternyata selama melakukan prosedur ini ia menerima 9 suntikan di ususnya. Ia pun harus menjalani serangkaian operasi untuk memperbaiki kerusakan tapi tidak sepenuhnya pulih hingga akhirnya meninggal di usia 43 tahun pada Juli 2009.

5. Kerusakan saraf dan nyeri setelah facelift dan tummy tuck
Kim Watson yang sudah memiliki 6 anak ini rela membayar mahal untuk facelift dan juga tummy tuck. Tapi apa yang didapat ternyata tak sesuai dengan keinginannya, karena ia justru mengalami kerusakan saraf yang luas dan sering nyeri.

(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit