detikhealth

7 Efek Traumatis yang Dialami Remaja Hamil

Linda Mayasari - detikHealth
Kamis, 23/08/2012 13:54 WIB
Halaman 1 dari 3
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Seorang remaja yang tidak berhati-hati dalam bergaul cenderung berisiko terhadap kehamilan di usia muda. Seorang remaja di usia dini belum siap secara fisik maupun mental untuk menerima kehamilan sehingga akan menyebabkan efek traumatis.

Efek traumatis tersebut tidak hanya mengganggu remaja ketika hamil dan setelah melahirkan saja, tetapi akan terus menghantuinya seumur hidup. Oleh karena itu diperlukan pengawasan oleh orang tua terhadap anak remajanya agar tetap berada dalam pergaulan yang sehat.

Berikut adalah 7 efek traumatis kehamilan di usia remaja, seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (23/8/12) yaitu:

1. Kehilangan kesempatan belajar

Seorang remaja yang telah hamil di usia sekolah akan kehilangan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi. Karena biasanya gadis remaja yang ketahuan hamil akan dikeluarkan dari sekolah.

Menurut data yang ada, gadis remaja yang telah melahirkan anaknya sebelum usia 18 tahun, hanya sebanyak 41 persen saja yang berhasil lulus SMA. Orang-orang yang lulus dari sekolah setelah melahirkan sebagian besar adalah orang-orang yang sudah menikah.

2. Dikucilkan dari lingkungan sosialNext

Halaman 1 2 3
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit