detikhealth

Cara Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 24/08/2012 09:26 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Gatal di tenggorokan kadang bisa sampai membuat seseorang merasa stres ketika sulit sekali untuk diobati atau diatasi. Tapi ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Kondisi tenggorokan yang gatal bisa menyebabkan batuk, atau kadang kedua hal ini bisa terjadi secara bersama-sama yang disebabkan oleh berbagai penyakit atau kondisi kesehatan.

Untuk mengatasi gatal di tenggorokan, maka hal yang sangat penting adalah mengetahui apa yang menyebabkan kondisi tersebut sehingga seseorang tahu apa yang harus dilakukannya untuk meringankan gatal yang muncul.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya tenggorokan gatal, yaitu:

1. Alergi lingkungan
2. Batuk pilek
3. Alergi makanan
4. Asma
5. Infeksi di saluran pernapasan
6. Iritasi akibat lingkungan seperti debu atau udara kering

Jika gatal tenggorokan yang dialami disertai dengan kesulitan bernapas, ruam yang muncul bersama dengan gatal maka sebaiknya segera cari pertolongan medis karena ada kemungkinan tanda-tanda reaksi alergi anafilaksis yang bisa mengancam jiwa.

Namun jika hanya tenggorokan gatal saja, maka ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti dikutip dari Timesofindia, Jumat (24/8/2012) yaitu:Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit