detikhealth

Gigi Membusuk Sampai ke Rahang Akibat Kelamaan Pakai Behel

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 29/08/2012 13:26 WIB
Devin Bost (dok: ABC News)
Jakarta, Pakai behel memang tidak selalu untuk gaya, banyak yang pakai karena memang giginya bermasalah. Sekalipun ada perlunya, sebaiknya hati-hati agar tak seperti pasien di Amerika Serikat yang giginya membusuk karena kelamaan pakai behel.

Devin Bost (22 tahun), laki-laki asal Oregon Amerika Serikat marah bukan kepalang karena behel yang dipakainya dalam 11 tahun terkahir membuat giginya bermasalah. Padahal ia menggunakan behel bukan untuk gaya, melainkan atas anjuran dokter gigi langganannya.

Sang dokter gigi, Dr Brad Chvatal dari Chvatal Orthodontics diduga memberikan anjuran menyesatkan soal penggunaan behel. Kepada Bost, dokter gigi ini mengatakan bahwa behel aman dipakai sejak pasien tersebut berumur 7 tahun dan tidak pernah dilepas hingga 18 tahun.

"Yang dikatakan dokter waktu itu adalah 'Kamu boleh melakukannya. Boleh kamu pakai selama itu'," keluh Bost yang kemudian menuntut Dr Chavtal hingga ratusan dolar AS, seperti dikutip dari ABC News, Rabu (29/8/2012).

Tuntutan sebanyak itu akan dipakainya untuk mengganti biaya operasi membetulkan gigi, mengganti pengeluaran-pengeluaran lain dan juga sebagai ganti rugi atas rasa sakit dan penderitaan yang dialaminya. Totalnya senilai US$ 185.000 atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Bost memang tidak sejak awal memasang behel di klinik Dr Chavtal. Ia memasangnya pada Agustus 1997 di dokter lain, namun selama bertahun-tahun rajin kontrol ke Dr Chavtal dan tidak pernah ada anjuran untuk melepasnya hingga Juni 2008 saat giginya mulai membusuk.

Akibat memakai behel terlalu lama, Bost diduga mengalami pembusukan gigi yang sangat serius. Beberapa gigi yang membusuk sudah dicabut dan diganti dengan gigi implan, namun sebagian tidak bisa diganti karena bagian yang membusuk sudah mencapai tulang rahang.

(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit