detikhealth

Benjolan di Dubur Itu Apa Ya?

Kamis, 30/08/2012 09:51 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dok, teman saya mengeluh ada benjolan di sekitar kemaluan mendekati anal. Benjolan itu awalnya menyerupai abses, tapi setelah 5 hari, benjolan itu berubah seperti benjolan biasa tanpa ujung berwarna putih. Benjolan itu lunak, dan tidak terasa ketika berdiri. Hanya terasa ketika buang air kecil dan BAB saja.

Benjolan itu semakin lama tidak semakin membesar dan tidak juga mengecil. Benjolan itu tidak terasa sakit sama sekali. Menurut dokter, apa yang dialami oleh teman saya itu? Apa nama benjolan itu? Apakah benjolan itu berbahaya? Apakah benjolan itu dapat menyebabkan penyakit? Apa nama benjolannya dan obat apa yang dapat diminum? Sekian dok, terimakasih.

Tiara (Perempuan Lajang, 19 Tahun), utink.XXXXX@ymail.com,
Tinggi Badan 160 Cm, Berat Badan 52 Kg

Jawaban

Ada kemungkinan benjolan yang muncul adalah wasir pada luar anus, biasanya diakibatkan adanya infeksi pada saluran anus sehingga pembuluh darah bertambah dan pecah berdarah.

Jika memang benjolan tersebut adalah wasir maka bisa segera diatasi dengan melakukan operasi kecil ataupun menggunakan pemakaian salep yang bisa dibeli di toko obat cina.

Wasir atau ambeien atau haemorrhoid atau pile adalah lapisan selaput lendir di daerah lubang pelepasan yang menjadi lemah dan kendur (inelastic) yang umumnya terjadi karena buang air besar yang tak teratur dan sering mengejan.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit