detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Cara Makan Protein yang Benar Biar Tidak Kegemukan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 03/09/2012 15:26 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Makan protein dengan jumlah melebihi yang direkomendasikan takkan terlalu berbahaya bagi kesehatan. Namun kelebihan protein dapat berkontribusi terhadap jumlah kalori yang berlebihan di dalam tubuh sehingga ujung-ujungnya berat badan Anda pun akan bertambah.

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang harus ada dalam pola makan setiap orang. Hal ini dipaparkan dengan jelas oleh Institute of Medicine agar orang dewasa memenuhi sedikitnya 0,8 gram protein untuk setiap kilogram tubuhnya dalam sehari.

"Masalahnya, masyarakat kita adalah masyarakat yang hanya terfokus pada daging, produk ternak atau ikan. Jadi ketika membayangkan seporsi makanan, isinya tak jauh-jauh dari daging yang dikelilingi sayuran atau makanan berkarbohidrat di sekitarnya," terang pakar diet dari University of Utah, Julie Metos.

Jumlah Protein yang disarankan

Jumlah protein yang direkomendasikan dalam setiap makanan hanyalah 2-3 ons yang didapatkan dari daging, produk ternak atau ikan, bisa juga dengan setengah cangkir buncis matang.

"3 ons protein itu cuma sebesar kepalan tangan orang dewasa. Namun pada hamburger (fast food) jumlahnya 4 ons jadi jika Anda membeli dua burger jumlahnya sudah 8 ons dan itu berlebihan," ungkapnya.

Jika Anda memang ingin mencoba makan protein yang benar tanpa terancam kegemukan, ada 3 fakta penting tentang protein yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari myhealthnewsdaily, Sabtu (1/9/2012):Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit