detikhealth

Ulasan Khas Bahaya di Balik Antibiotik

Begini Cara Konsumsi Antibiotik yang Benar

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 05/09/2012 16:25 WIB
Begini Cara Konsumsi Antibiotik yang Benar(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Antibiotik bisa jadi termasuk salah satu obat yang harus dipatuhi cara penggunaannya agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Berikut ini adalah cara konsumsi antibiotik yang benar.

"Antibiotik harus diminum sesuai keperluan, sesuai dengan instruksi dokter atau aturan misalnya berapa hari, apakah sebelum atau sesudah makan dan sesuai dosisnya," ujar dr Sandra Utami Widiastuti, SpPD dari RS Siloam Kebun Jeruk, saat dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (5/9/2012).

dr Sandra menuturkan penggunaan antibiotik yang tidak bijaksana dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya resistensi atau kekebalan dari bakteri tersebut terhadap antibiotik.

Prof Iwan Dwiprahasto selaku guru besar farmakologi UGM dalam artikel detikHealth menuturkan penggunaan antibiotik yang tidak tepat bisa membahayakan kesehatan masyarakat secara global maupun individu.

Bentuk penyalahgunaannya cukup beragam mulai dari tidak tepat memilih jenis antibiotik hingga cara dan lamanya pemberian.

"Kebiasaan memberikan antibiotik dengan dosis yang tidak tepat serta waktu pemberian yang terlalu singkat atau terlalu lama akan menimbulkan masalah resistensi yang cukup serius," ujar Prof Iwan.

Untuk itu masyarakat diharapkan menggunakan antibiotik secara bijak dengan:
1. Tepat indikasi
2. Tepat penderita
3. Tepat obat
4. Tepat dosis dan lamanya pemberian obat
5. Waspada terhadap efek samping
6. Pemberian informasi yang jelas
7. Evaluasi.

Berikut ini adalah cara benar untuk minum antibiotik agar terhindar dari penyalahgunaan antibiotik:

1. Minum antibiotik sesuai dosis yang diresepkan dokter, jangan kebanyakan atau kekurangan.

2. Habiskan antibiotik yang diresepkan dokter walau merasa badan sudah sehat, agar kalau sakit lagi obat tersebut masih manjur digunakan alias tidak resisten.

3. Jangan membeli sendiri tanpa resep dokter walaupun obat tersebut bisa dibeli di apotek tanpa resep. Karena Anda tidak tahu persis berapa dosis dan jumlah yang harus diminum.

4. Ingat antibiotik hanya untuk mengobati penyakit yang berasal dari bakteri (mikroba) seperti infeksi saluran kemih, radang tenggorokan.

5. Pilek, batuk dan diare umumnya tak perlu antibiotik. Hanya perlu konsumsi makanan bergizi, minum dan istirahat. Jika 3 hari tidak sembuh segera ke dokter

6. Jangan malas bertanya ke dokter, obat mana saja yang mengandung antibiotik dan apa manfaatnya.

7. Jangan membeli antibiotik dengan menggunakan resep yang lama.

(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit