Apakah Kanker Darah Bisa Menurun ke Anak?

Selasa, 11/09/2012 09:37 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dok, saya ingin bertanya tentang kanker darah kebetulan teman dekat saya terkena kanker darah. Dia sering mengalami sakit kepala dan sakit pada perut.

Apakah itu ada hubungannya dengan penyakit yang dideritanya? Apakah kanker darah ini bisa disembuhkan? Bagaimana dengan anaknya nanti? Apakah akan terserang penyakit kanker darah juga? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih.

Ariawan (Laki-laki Lajang, 23 Tahun), ariawanXXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 167 Cm, Berat Badan 63 Kg

Jawaban

Untuk kanker darah maupun kanker lainnya umumnya tidak langsung menurun pada anaknya. Tetapi keturunan yang memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker, maka risiko terkena kankernya akan lebih tinggi.

Untuk rasa sakit kepala dan perut ada kemungkinan dipicu dari kanker darahnya. Karena kanker darah mengancam sistem peredaran darah sehingga terkadang di saat otak atau bagian kepala kekurangan darah, ia akan kekurangan suplai oksigen dan kepala akan terasa sakit.

Rasa sakit pada perut juga bisa disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar ataupun terjadinya kelainan pada fungsi di sekitar rongga perut. Tapi semua itu tidaklah mutlak, harus kembali di evaluasi lagi untuk pendeteksian pasien sendiri. Karena rasa sakit juga bisa disebabkan kurang tidur, pola makan atau gaya hidup yang salah dan lainnya.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit