detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Kurus dan Tidak Nafsu Makan Karena Sakit Maag

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 12/09/2012 10:48 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Umur saya 22 tahun, saya mempunyai riwayat penyakit maag, sampai pernah masuk rumah sakit dan mengalami pendarahan. Sebelum saya mengalami sakit tersebut nafsu makan saya baik-baik saja, setelah sakit saya sulit untuk menaikan BB badan saya yang ideal.

Gimana caranya biar berat badan saya naik menjadi ideal dan nafsu makan saya kembali baik? Karena ada waktunya saya mau makan, dan ada waktunya nafsu makan saya menurun.

Nitha (Perempuan Lajang, 22 Tahun), dara.xxx@gmail.com,
Tinggi Badan 160 Cm, Berat Badan 42 Kg

Jawaban:

Dengan berat 42 kg, BMI Anda ada di 16,4 yang termasuk kategori "underweight" atau kurang berat badan. Di masa remaja atau young adult, kekurangan berat badan dapat mempertinggi resiko osteoporosis, anemia dan kurang gizi di masa mendatang.

Yang dapat saya sarankan adalah melatih perasaan lapar secara fisik dan mental. Secara fisik, biasakan untuk makan atau nyemil setiap 2-3 jam. Anda dapat makan apa saja yang menimbulkan nafsu Anda (atau kalau tidak nafsu coba minum susu).

Secara mental, Anda dapat melatih berpikir positif tentang makanan (bayangkan makanan-makanan enak dan rasakan bahwa Anda mulai lapar). Semoga membantu ya.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.


(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit