detikhealth

Ini Alasannya Kenapa Telur Sehat untuk Sarapan

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 13/09/2012 07:11 WIB
Ini Alasannya Kenapa Telur Sehat untuk Sarapan(Foto: thinkstock)
Jakarta, Banyak orang yang suka makan telur saat sarapan karena lebih mudah dan praktis membuatnya. Di balik kemudahan tersebut, ternyata sarapan telur juga sangat sehat. Mengapa?

Sarapan adalah waktu makan paling penting sepanjang hari. Anda memerlukan makanan yang kaya nutrisi untuk mencukupi kebutuhan sehari. Telur adalah salah satu pilihan terbaik.

Berikut beberapa alasan mengapa sarapan telur sangat sehat untuk Anda, seperti dilansir Boldsky, Kamis (13/9/2012):

1. Peningkat energi

Apa yang Anda butuhkan di pagi hari saat masih bermalas-malasan? Energi. Telur dapat memberikan dorongan energi yang membantu Anda bersemangat di pagi hari. Untuk hasil terbaik, makanlah telur rebus.

2. Protein yang menguatkan

Putih telur memiliki protein yang disebut albumin. Mengonsumsi albumin di pagi hari akan membantu tubuh menyerap protein yang membantu membangun otot. Tak hanya itu, protein juga membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Membantu menurunkan berat badan

Studi yang dilakukan di Pennington Biomedical Research Centre di Louisiana, AS, menemukan bahwa sarapan telur membantu menurunkan berat badan karena tinggi protein, penekan alami rasa lapar. Bila rasa kenyang lebih lama, artinya Anda pun akan makan lebih sedikit yang pada gilirannya membantu menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan kemampuan otak

Selain memberikan kekuatan dan energi, Anda juga membutuhkan otak yang tajam untuk mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan. Nutrisi dalam telur membantu menajamkan otak, seperti kolin yang membantu meningkatkan memori dan penalaran kognitif.




(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit