detikhealth

Anak Jadi Gemuk Setelah Operasi Amandel? Tergantung Usianya

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 13/09/2012 16:30 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Beberapa anak ada yang menjadi lebih gemuk setelah ia melakukan operasi amandel. Ternyata tak semua anak akan jadi gemuk setelah operasi, ini tergantung dari usia berapa saat ia dioperasi.

Sebuah studi menemukan bahwa penambahan berat badan setelah operasi amandel terkait dengan usia anak-anak saat menjalani operasi dan bukan karena diagnosis yang mendasarinya.

Peneliti dari Johns Hopkins menemukan penambahan berat badan setelah operasi amandel paling sering terjadi pada anak berusia 6 tahun atau lebih muda, terutama jika anak ini memiliki berat badan kurus atau normal ketika dioperasi.

Studi ini melibatkan 115 anak berusia 6 bulan sampai 18 tahun yang dioperasi antara tahun 2008-2011 karena mengalami radang amandel berulang dan bengkak di bagian belakang tenggorokan atau gangguan tidur apnea. Para peneliti menganalisis catatan medis dan berat badannya.

"Hasil studi ini kami menunjukkan kekhawatiran orangtua mengenai kenaikan berat badan yang serius umumnya paling sering terjadi pada anak yang kurus atau berat badan normal dan operasi dilakukan diusia 2-6 tahun, jadi bukan anak yang lebih tua," ujar peneliti senior Dr Stacey Ishman, otolaryngologist di ohns Hopkins University School of Medicine, seperti dikutip dari HealthDay, Kamis (13/9/2012).

Para peneliti mencatat temuan ini turut membantu kekhawatiran orangtua yang takut jika anaknya dioperasi akan memperburuk atau menimbulkan masalah berat badan pada anak remajanya.

"Orangtua dengan anak remaja yang kelebihan berat badan tidak perlu takut operasi amandel. Dan untuk yang lebih muda jika berat badannya normal atau kelebihan maka perlu mengawasi pola makannya serta membuat penyesuaian kalori," ujar Dr Ishman.

Meski begitu peneliti belum mengetahui kenapa usia seorang anak bisa mempengaruhi kenaikan berat badan setelah operasi amandel. Untuk itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit