detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Doctor's Life

dr Sofyanto, SpBS dan 'Drama Hidup' si Trigeminal Neuralgia

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 17/09/2012 10:02 WIB
Halaman 1 dari 3
dr Sofyanto, SpBS (dok: detikHealth)
Jakarta, Jangankan orang umum yang tak tahu apa-apa soal penyakit saraf Trigeminal Neuralgia, karena dokter yang mampu menangani masalah ini saja sangat sedikit. dr Sofyanto, SpBS salah satunya yang piawai tentang ini.

Berkutat di penyembuhan penyakit langka ini membuat dr Sofyanto sering melihat drama kehidupan yang memilukan.

"Ada keluarga pasien yang bilang 'Untung dokter operasi jam 3 sore karena kalau nggak operasi dia mau bunuh diri dengan loncat dari lantai 9 rumah sakit jam 9 malam'. Ini terungkap setelah dia sembuh," ujar dokter yang lahir di Malang 46 tahun silam.

dr Sofyanto memang banyak menangani kasus saraf trigeminal neuralgia, yang mana bisa membuat pasien mengalami gangguan psikis akibat rasa sakit yang luar biasa dan terkadang memicu rasa ingin bunuh diri dari pasien.

Di sisi lain pengetahuan para dokter mengenai trigeminal neuralgia belumlah banyak, sehingga tak jarang banyak dokter yang tidak tahu bagaimana mengangani pasien yang terdiagnosis kondisi ini.

"Banyak cerita menarik yang semuanya hampir dramatis karena rata-rata sembuhnya memang dramatis sekali. Dengan penderitaan sakit yang lama dan tidak tahu jalan keluarnya kemana, karena nggak semua dokter memberikan informasi yang clear tentang kondisi ini," ungkapnya.

Sementara itu ada pula pasien yang gembiranya luar biasa setelah ia sembuh dan terbebas dari rasa sakit tersebut, karena dia sudah menghabiskan banyak uang untuk berobat disini maupun di luar negeri.Next

Halaman 1 2 3
(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit