detikhealth

Jantung Membengkak, Adakah Alternatif Selain Minum Obat?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 17/09/2012 10:51 WIB
Jantung Membengkak, Adakah Alternatif Selain Minum Obat?ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dokter, saya menderita pericarditis. Saya sudah berobat ke beberapa dokter, namun hasilnya kurang memuaskan. Apakah ada cara atau alternatif lain selain mengonsumsi obat dok? Terimakasih.

Kamarudin S (Laki-laki Menikah, 46 Tahun), ayahXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 167 Cm, Berat Badan 77 Kg

Jawaban

Dear Kamarudin,

Sudah berapa lamakah Anda menderita pericarditis? Dan alternatif apa saja yang pernah Anda lakukan sebelumnya? Jika Anda baru menderita pericarditis (jangka waktu masih sebentar) maka pengobatan masih hanya dengan mengkonsumsi obat, tetapi jika jangka waktunya sudah lama, maka masih perlu pengkajian lebih lanjut.

Pericarditis adalah pembengkakan dan iritasi yang terjadi di pericardium, yaitu membran kantung tipis yang mengelilingi jantung. Pericarditis ini sering menyebabkan nyeri dada dan gejala lainnya.

Nyeri dada yang tajam biasanya terkait dengan pericarditis ketika sedang meradang atau iritasi dari dua lapisan membran yang saling bergesekan satu sama lain. Pada kasus ringan bisa diperbaiki sendiri, tapi jika sudah parah maka membutuhkan obat-obatan dan kadang operasi.

Kekambuhan dari pericarditis ini bisa terjadi pada 1-3 minggu, namun ada juga yang beberapa bulan. Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat bisa membantu mengurangi risiko komplikasi jangka panjang.

Kami ingin lebih memahami kondisi Anda saat ini. Jika Anda mempunyai waktu bisa datang ke kantor kami dengan membawa hasil pemeriksaan jantung Anda dan berkonsultasi langsung dengan Dokter kami (gratis).

Jika ada yang masih ingin Anda tanyakan, bisa menghubungi kami atau membuat janji sehari sebelumnya untuk datang ke kantor kami dan berkonsultasi dengan dokter kami dengan membawa data pemeriksaan kesehatan jantung Anda. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit