detikhealth

10 Rasa Sakit pada Perut yang Tidak Boleh Diabaikan

Linda Mayasari - detikHealth
Rabu, 19/09/2012 11:25 WIB
10 Rasa Sakit pada Perut yang Tidak Boleh DiabaikanIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Jangan mengabaikan rasa sakit perut yang tiba-tiba menyerang karena mungkin bukan disebabkan oleh kram biasa tetapi merupakan gejala penyakit yang lebih serius. Kenali rasa sakit tertentu pada perut dan segera tangani masalah tersebut sebelum berakibat fatal.

Berikut adalah gejala-gejala rasa sakit pada perut yang mungkin merupakan gejala penyakit tertentu, seperti dilansir besthealth, Rabu (19/09/2012) antara lain:

1. Sensasi terbakar tepat di bawah tulang dada, terutama setelah makan besar

Kemungkinan penyebab adalah refluks asam atau mulas. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengambil obat di apotek dan menghindari makan makanan berminyak dalam porsi besar. Jika rasa sakit berlangsung selama beberapa minggu, segera hubungi dokter.

2. Nyeri di sekitar dan di bawah pusar disertai dengan gas

Kondisi ini mungkin dapat disebabkan oleh konstipasi atau perut kembung. Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit karena pengerasan tinja yang berlebihan dan sulit dikeluarkan hingga menyebabkan sakit perut.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengambil obat pencahar yang dapat diperoleh di apotek atau obat anti gas. Jika rasa sakit berlangsung selama lebih dari dua minggu, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendiagnosis lebih awal kemungkinan penyakit yang lebih serius.

3. Nyeri mendadak sekitar pusar, disertai mual, demam, muntah, hilangnya nafsu makan

Jika perut mengalami kondisi tersebut, mungkin disebabkan oleh penyakit radang usus buntu atau apendistis. Biasanya juga disertai oleh tekanan pada usus atau kekakuan otot-otot perut.

Radang usus buntu harus segera mendapatkan penanganan medis dengan cepat, jika tidak usus buntu akan pecah dan cairan yang terinfeksi dapat bocor ke bagian lain dari perut. Kaku otot pada perut merupakan tanda bahwa infeksi mulai menyebar.

4. Nyeri mendadak di sisi kanan perut dan menyebar ke bagian lain dari perut atau punggung

Kondisi ini mungkin disebabkan oleh batu empedu atau peradangan kandung empedu. Jika rasa sakit terus-menerus terjadi atau memburuk setelah makan makanan berminyak, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

5. Nyeri mendadak di bawah pusar dan menjalar ke kedua sisi pusar

Kemungkinan penyebabnya adalah gangguan pada usus, infeksi saluran kemih atau penyakit radang panggul. Jika rasa nyeri terus memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan tes diagnostik dan mendapatkan pertolongan medis dengan cepat.

6. Nyeri mendadak di dekat tulang rusuk bagian bawah yang menjalar ke pangkal paha

Kondisi ini mungkin disebabkan oleh batu ginjal atau, jika disertai dengan demam mungkin merupakan gejala infeksi ginjal atau kandung kemih. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan meningkatkan asupan air dan segera hubungi dokter.

Sebagian besar kasus batu ginjal dapat keluar dengan sendirinya, tetapi kadang memerlukan operasi pembedahan. Jika Anda juga mengalami demam, segera hubungi dokter.

7. Nyeri mendadak dan nyeri di perut bagian bawah kiri dapat disertai dengan demam, mual atau muntah

Kemungkinan hal ini disebabkan oleh penyakit Crohn, kolitis, diverticulitis atau masalah lain pada usus besar. Periksakan kondisi Anda ke dokter, yang mungkin merekomendasikan untuk menjalani kolonoskopi. Pengobatan jangka panjang mungkin diperlukan untuk mengatasi kondisi ini.

8. Nyeri mendadak disertai dengan diare berdarah, darah dalam tinja atau muntah darah

Hal ini mungkin disebabkan karena penyumbatan di usus, usus buntu yang berlubang atau pendarahan pada usus. Ini adalah gejala pendarahan internal, sehingga Anda harus mendapatkan pertolongan medis secepat mungkin.

9. Sakit ringan atau ketidaknyamanan yang datang perlahan-lahan dan terus berulang hingga beberapa minggu atau bulan

Jika kondisi tersebut kadang-kadang disertai diare, kembung sembelit, atau perut kembung, mungkin disebabkan oleh penyakit kronis seperti intoleransi laktosa, sindrom iritasi usus, maag, intoleransi makanan, penyakit Crohn, ulcerative colitis atau penyakit celiac.

Segera periksakan kondisi Anda ke dokter yang mungkin akan mengarahkan ke gastroenterologist untuk penanganan lebih lanjut.

10. Nyeri perut yang bisa disertai dengan sakit kepala

Kondisi sakit perut dan sakit kepala mendadak sering terjadi pada orang tua terutama yang memiliki kebiasaan merokok atau memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini mungkin disebabkan oleh aneurisma aorta perut, yaitu pelebaran aorta yang bisa menyebabkan pendarahan fatal. Segera carilah pertolongan medis untuk menanganinya.

(ir/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit