detikhealth

10 Rasa Sakit pada Perut yang Tidak Boleh Diabaikan

Linda Mayasari - detikHealth
Rabu, 19/09/2012 11:25 WIB
Halaman 1 dari 4
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Jangan mengabaikan rasa sakit perut yang tiba-tiba menyerang karena mungkin bukan disebabkan oleh kram biasa tetapi merupakan gejala penyakit yang lebih serius. Kenali rasa sakit tertentu pada perut dan segera tangani masalah tersebut sebelum berakibat fatal.

Berikut adalah gejala-gejala rasa sakit pada perut yang mungkin merupakan gejala penyakit tertentu, seperti dilansir besthealth, Rabu (19/09/2012) antara lain:

1. Sensasi terbakar tepat di bawah tulang dada, terutama setelah makan besar

Kemungkinan penyebab adalah refluks asam atau mulas. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengambil obat di apotek dan menghindari makan makanan berminyak dalam porsi besar. Jika rasa sakit berlangsung selama beberapa minggu, segera hubungi dokter.

2. Nyeri di sekitar dan di bawah pusar disertai dengan gas

Kondisi ini mungkin dapat disebabkan oleh konstipasi atau perut kembung. Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit karena pengerasan tinja yang berlebihan dan sulit dikeluarkan hingga menyebabkan sakit perut.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengambil obat pencahar yang dapat diperoleh di apotek atau obat anti gas. Jika rasa sakit berlangsung selama lebih dari dua minggu, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendiagnosis lebih awal kemungkinan penyakit yang lebih serius.Next

Halaman 1 2 3 4
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit