detikhealth

Ada Benjolan di Leher, Haruskah Dioperasi?

Kamis, 20/09/2012 11:40 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dok, ibu saya (60 tahun) memiliki benjolan di leher depan yang sudah terlihat selama satu tahun ini, benjolan tersebut tidak terlihat membesar. Kemudian kemarin melakukan tes USG dan dari hasil USG leher tersebut dikatakan bahwa benjolan tersebut adalah tumor, kemudian ibu saya melakukan tes AJH tyroid yg hasilnya sebagai berikut:

Diagnosa klinis; Struma Nodusa.

Hasil mikroskopik:

Ditemukan banyak kelompokan padat sel-sel epitelial relatif monomorf, inti bulat, kecil, kromatin agak kasar, sebagian sel tersusun asinar.

Latar belakang limfosit sedikit sampai sedang.

Menurut dokter spesialis onkologi ibu saya harus dioperasi, tapi ibu saya memiliki hipertensi dan ibu saya diberi obat untuk menurunkan tekanan darah dan jika sudah stabil maka akan dioperasi. Apakah itu memang tumor dan apakah kondisi ibu saya siap untuk operasi? Dan apakah ada jalan lain selain operasi? Terimakasih.

Hadi (Laki-laki Lajang, 28 Tahun), antXXXX@yahoo.co.uk,
Tinggi Badan 170 Cm, Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Untuk penyakit seperti ini memang ada, namun agak jarang. Kalau jinak dioperasi saja akan lebih mudah, simple dan juga aman. Namun kalau ganas dan sudah dikategorikan sebagai kanker maka lama kelamaan akan menggangu proses menelan, bicara, makan, ataupun mengganggu fisik dll.

Untuk tindakan operasipun yang dilakukan adalah tindakan kecil yang sangat aman jadi tidak perlu kuatir berlebih dan memang untuk persiapannya adalah tekanan darah harus stabil dulu.

Bisa coba konsumsi garlic extract atau ekstraksi dari bawang putih yang sudah dikemas sebagai suplemen yang dapat langsung membantu untuk menurunkan tekanan darah dan juga berfungsi sebagai anti kanker.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di Gedung Menara Citicon Lantai 11 Blok C2, Jl. Jend S Parman kavling 72 slipi, Jakarta Barat. Nomer telepon: (021) 999 333 80, (021) 920 88881, (021) 2930 8708, (021), 2930 8709 0818197758.

Cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.
Alamat Website:
www.cancerhospital.co.id
http://www.asiancancer.com/


(ver/up)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit