detikhealth

Wah! Bercinta Saat Datang Bulan Bisa Mengurangi Nyeri Menstruasi

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 21/09/2012 11:33 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebagian besar pakar kesehatan tidak merekomendasikan perempuan untuk melakukan bercinta saat sedang haid. Tapi sebuah penelitian baru justru menemukan bercinta saat haid memberikan efek positif.

Menurut studi baru ini sebenarnya seks tetap dapat dinikmati meski dilakukan saat sang istri sedang menstruasi. Buktinya, menurut studi ini belum pernah ada studi yang menemukan jika bercinta saat menstruasi itu berbahaya atau mempengaruhi tingkat performa suami di atas ranjang.

Hanya saja, kedua pasangan harus sama-sama nyaman dengan gagasan untuk bercinta di saat sang istri tengah datang bulan. Persepsi tentang 'tak bersih' atau 'jorok' harus dibuang jauh-jauh sebelum naik ke ranjang.

Sebaliknya, pakar ginekologi Dr. Vrushali Lampat mengungkapkan bahwa bercinta saat menstruasi itu justru akan menjadi pereda nyeri haid yang luar biasa.

"Seks melepaskan hormon bernama endorfin yang membuat orang yang melakukannya merasa nyaman dan enak. Hormon ini juga diketahui mampu mengurangi nyeri dan kram haid, bahkan yang parah sekalipun. Dengan begitu, perasaan depresi, kecemasan atau kemarahan yang biasa dihadapi wanita saat haid juga akan hilang," terangnya seperti dilansir dari timesofindia, Jumat (21/9/2012).

Aktivitas fisik yang intim ini pun dapat memberikan kontraksi ekstra pada daerah kemaluan sehingga darah yang dikeluarkan lebih banyak dan lebih cepat. Tentu saja kondisi ini akan mengurangi lamanya masa menstruasi.

Tanpa diduga, sebuah studi juga menemukan bahwa wanita jauh lebih bisa menikmati seks ketika mengalami menstruasi.

"Daerah pinggul dan kemaluan yang terasa penuh selama masa menstruasi menyebabkan tingginya kadar kenikmatan saat bercinta. Oleh karena itu biasanya menjelang masa menstruasi, para wanita terlihat sangat terangsang dan ingin sekali bercinta dengan suaminya karena pada saat itu hormonnya terasa seperti 'mengamuk'," jelas Dr. Lampat.

Tak berhenti sampai disitu, masa haid juga dikatakan sebagai waktu yang langka bagi pasangan agar bisa melakukan seks berisiko dan tanpa perlindungan dengan risiko kehamilan yang sangat kecil. Pasangan yang seringkali merasa penggunaan kondom hanya akan mengganggu kepuasan seksual dapat menggunakan kesempatan langka ini.

Kendati begitu, para pakar tetap memberikan peringatan. Salah satunya adalah pakar seks Dr. Ganesh Raisinghani yang menyatakan, "Meski ini adalah waktu yang ideal untuk melakukan seks tanpa perlindungan, ini juga merupakan waktu dimana wanita berada pada kondisi yang paling rentan terkena infeksi. Oleh karena itu kami menyarankan agar pasangan selalu menggunakan proteksi. Seks oral dan coba-coba posisi baru juga harus dihindari sepenuhnya."

Tapi para pakar mengembalikan pilihan untuk bercinta kepada pasangan. Jika sama-sama tak masalah, tak ada salahnya untuk melakukannya saat ini juga.


(ir/ir)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit