detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS adalah dokter Neurologist & Interventional Neurologist (Ahli Penyakit Saraf dan Saraf intervensi ). Praktik di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jl RS Fatmawati, Cilandak Jakarta Selatan. Telpon 021-7501524. (Periode konsultasi: 22 Mei 2012 hingga 4 September 2012)

Adik Kena Ensefalitis, Bisakah Disembuhkan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 21/09/2012 13:52 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Adik saya terkena ensefalitis. Apakah dia bisa sembuh? Karena tiap hari kondisinya semakin nge-drop. Apakah karena penanganan yang kurang atau terlambat dibawa ke rumah sakit? Apakah ini menular? Dan obat herbal apa yang bisa kami gunakan?

Dia sudah keluar dari ICU selama 2 minggu dan diinapkan di ruang perawatan, sekarang dia harus di-ICU-kan lagi di rumah sakit yang lebih memadai. Saya mohon bantuannya. Sekarang dia masih di ICU Rumah Sakit Bethesda Jogja.

Sheilla (Perempuan Lajang, 20 Tahun), chelaXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban:

Mbak Sheila, merujuk dari pertanyaan Anda, maka tergantung dari apa penyebab ensefalitisnya. Apakah viral, bakteri, jamur dan sebagainya. Bila kita sudah mengetahui penyebabnya secara pasti dan diberikan terapi yang tepat, maka harapan hidup pasien dapat kita tingkatkan walaupun gejala sisa berupa kecacatan kadang tidak bisa kita hindarkan.

Ensefalitis sendiri merupakan peradangan akut pada jaringan otak, yang antara lain memang disebabkan oleh infeksi mikroba. Secara umum tanda-tandanya ada 3 yakni demam, kejang dan kesadaran menurun. Terapinya antara lain pemberian antimikroba yang sesuai dan mengurangi tekanan intracranial atau di dalam kepala.

Saran saya, berdiskusilah dengan dokter spesialis saraf yang merawat adik Anda untuk melakukan upaya upaya menemukan penyebab ensefalitis secara pasti sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan dan harapan hidup pun semakin besar .

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS
Dokter Neurologist & Interventional Neurologist (Ahli Penyakit Saraf dan Saraf intervensi). Praktik di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jl RS Fatmawati, Cilandak Jakarta Selatan. Telpon 021-7501524.

(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit