detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Sperma Sehat Itu yang Hiperaktif

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 26/09/2012 19:55 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Semua orang dilahirkan sukses, karena pada dasarnya manusia bisa lahir dari hasil kompetisi jutaan sperma untuk membuahi satu sel telur.

Begitulah kata-kata penyebar semangat khas motivator. Memang kalimat tersebut benar sekali. Sperma yang sehat adalah sperma yang kuat, bahkan harus hiperaktif.

Ketika ejakulasi, laki-laki melepaskan rata-rata sekitar setengah sendok teh atau 2,75 ml air mani yang mengandung 180 - 400 juta sel sperma. Jika jumlahnya tidak sampai 20 juta, maka si jantan sudah masuk kategori mandul atau tidak subur.

Satu sel sperma memiliki ukuran dengan panjang sekitar 40 mikron atau 0,04 mm sambil memuat 23 kromosom. Berenang dengan kecepatan sekitar 75 cm per jam, sel sperma dapat bertahan hidup dalam saluran reproduksi wanita selama 3 hari. Sangat militan bukan?

Sebuah penelitian yang dimuat secara rinci di jurnal Nature menemukan bahwa karakter miltan ini merupakan ciri sperma yang sehat.

Bahkan, sperma yang sehat itu seharusnya bersifat hiperaktif. Karakter hiperaktif sangat penting untuk menembus dua hambatan fisik yang melindungi sel telur dari pembuahan.

Hambatan pertama adalah sel-sel kumulus yang membungkus telur. Hambatan kedua adalah membran yang disebut zona pelusida.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit