detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Survei: Perilaku Seks Orang Amerika Berisiko

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 27/09/2012 09:28 WIB
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Meski sama-sama suka bercinta, baik pria maupun wanita seringkali memiliki pandangan yang berbeda tentang aktivitas intim ini. Salah satunya adalah pria lebih sering orgasme saat bercinta dengan melibatkan penetrasi vagina sedangkan wanita lebih bisa orgasme ketika terlibat dalam hubungan seksual yang melibatkan berbagai posisi atau variasi aksi.

Hal ini diungkap sebuah studi baru yang dilakukan peneliti dari Indiana University. Studi bertajuk National Survey of Sexual Health and Behavior (NSSHB) ini merupakan salah satu studi tentang perilaku seksual yang paling komprehensif dalam dua dekade belakangan dan berhasil mendokumentasikan 40 kombinasi perilaku seksual serta penggunaan kondom pada 5.865 remaja dan orang dewasa berusia 14-94 tahun di AS.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine tersebut, satu dari empat hubungan seksual di AS menggunakan pelindung meski satu diantaranya dilakukan oleh pasangan tak resmi.

"Data tentang perilaku seksual dan penggunaan kondom pada masyarakat Amerika ini sangat dibutuhkan oleh para penyedia layanan kesehatan untuk menghadapi isu-isu seperti HIV, infeksi menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan," ungkap Michael Reece dari Centre for Sexual Health Promotion seperti dilansir dari timesofindia, Senin (24/9/2012).

Debby Herbenick dari CSHP juga menimpali, "Studi ini juga menunjukkan bahwa ternyata kondom biasanya digunakan dua kali lebih sering dengan pasangan tak resmi daripada dengan pasangan resmi, bahkan tren ini terlihat konsisten, baik bagi pria maupun wanita dari berbagai kelompok usia dalam rentang waktu 50 tahun."

Selain itu, dalam laporan studi terlampir fakta bahwa orang dewasa yang memakai kondom saat bercinta lebih cenderung menilai gairah, kepuasan dan orgasme secara lebih positif daripada bercinta tanpa menggunakan kondom.

Menjelang lansia, banyak orang dewasa yang masih aktif melakukan hubungan seksual, bahkan mereka dilaporkan mempraktikkan berbagai perilaku seksual dengan tipe pasangan yang berbeda-beda, kendati orang dewasa yang usianya di atas 40 tahun diketahui memiliki kesadaran untuk menggunakan kondom paling rendah diantara kelompok usia lainnya.

Lagipula meski mereka tak begitu mengkhawatirkan soal kehamilan tapi temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan upaya edukasi terkait dengan risiko infeksi menular seksual yang bisa terjadi pada pasangan usia berapapun berikut pencegahannya.

(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit