detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Jumat, 19/12/2014 12:36
Berita Pilihan 2014
Jumat, 19/12/2014 11:52
100 Konsultasi Terpopuler 2014

Bagel Head, Tren Fashion Asal Jepang yang Bikin Kepala Benjol

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Jumat, 28/09/2012 16:57 WIB
Bagel Head (Foto: Medical Daily)
Jakarta, Namanya saja tren fashion, terkadang aneh-aneh dan susah dipahami nalar. Seperti halnya tren yang kini marak di Jepang disebut 'bagel head', yaitu membuat dahi jadi punya benjolan menyerupai kue donat. Tato, tindikan dan rambut mohawk kini agaknya sudah dianggap basi.

Cara untuk membuat bagel head tidak terlalu sulit, namun membutuhkan peralatan berupa alat infus untuk menyuntikkan larutan yang disebut saline ke dahi. Saline adalah larutan garam steril yang digunakan untuk infus, mencuci lensa kontak serta mengairi hidung tersumbat. Bagel sendiri merupakan roti tepung yang bentuknya menyerupai donat

Teknisnya, 400 cc larutan saline disuntikkan ke dahi sampai membengkak. Bagian tengahnya kemudian ditekan-tekan dengan ibu jari sampai bentuk mirip roti bagel muncul di dahi. Prosesnya memakan waktu sampai 2 jam.

Benjolan bagel head ini dapat dimodifikasi dan dilakukan di bagian tubuh manapun. Benjolan bisa bertahan selama 16 - 24 jam. Ketika larutan garam habis diserap oleh tubuh, dahi akan kembali normal seperti semula.

Dalam acara televisi besutan National Geographic berjudul 'Taboo', 3 orang kru benama John, Marina dan Scorpion tertarik mencoba trend ini. Ketika diinfus saline, John merasakan cairan yang disuntikkan begitu kuat, sampai-sampai ia merasakan cairannya seolah-olah dapat menembus keluar lewat wajahnya.

"Sekarang saya merasakan adanya semacam sensasi santai, geli dan juga tekanan mantap dan agak lambat yang membuat saya ingin tidur," kata John seperti dilansir Medical Daily, Jumat 8/9/2012).

Tren bagel head ini memang populer di Jepang akhir-akhir ini. Namun ternyata praktiknya sudah ada selama 20 tahun terakhir. Yang membuatnya jadi tenar adalah seorang fotografer jurnalis bernama Ryoichi 'Keroppy' Maeda yang mengangkatnya dalam majalah 'Vice' baru-baru ini.

Ia sempat jauh-jauh pergi ke Toronto, Kanada untuk menghadiri pertemuan modifikasi tubuh ekstrim yang disebut Modcon pada tahun 1999 lalu. Modcon merupakan pertemuan berbagai orang yang mengubah total penampilan tubuhnya, salah satunya menggunakan metode suntik saline atau bagel head.

Jika ingin mencoba tren bagel head, sebaiknya menemui ahli yang telah terbiasa melakukannya dengan peralatan yang memadai, misalnya peralatan infus. Sampai saat ini, belum ada yang melaporkan adanya efek samping dari suntik cairan garam ini, hanya saja bagian yang disuntik jadi terasa sedikit geli.

(pah/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit