detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Apakah Bayi Kembar Saya Tertukar, kok Satu Putih dan Satu Hitam?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 02/10/2012 12:23 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dokter, saya mau tanya anak saya kembar tapi kok tidak mirip keduanya, yang satu putih dan satunya hitam, serta mukanya sangat berbeda. Saya ragu dok, jangan-jangan anak saya tertukar saat dirumah sakit. Saya dan istri tidak mempunyai keturunan kembar. Apa memang ada kemungkinan orang yang tidak mempunyai keturunan kembar bisa mendapatkan bayi kembar?

Sobri (Laki-laki Menikah, 27 Tahun), identik.XXXXX@ymail.com,
Tinggi Badan 163 Cm, Berat Badan 54 Kg

Jawaban

Bayi kembar dapat bermacam-macam, bisa kembar identik atau tidak identik. Kembar identik berasal dari satu sel sperma dan satu sel ovum yang membelah sehingga karakteristik anak yang lahir mirip satu dengan yang lain.

Sedangkan kembar tak identik adalah pembuahan yang terjadi secara bersamaan oleh dua sel ovum dan sperma yang berbeda sehingga karakteristik fisik dari bayi kembar ini juga akan berbeda dan kadang tidak mirip satu sama lain.

Namun jika Bapak merasa kurang puas atau ragu-ragu dengan bayi kembarnya, maka dapat diperiksa melalui DNA apakah bayinya tertukar di rumah sakit atau tidak.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit