detikhealth

Ulasan Khas Fenomena Ganjil Anak Indigo

Bingung Lihat Anak Indigo, Orangtua Sering Salah Sangka Gangguan Mental

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 03/10/2012 14:24 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Siapa yang tidak ngeri apabila bisa melihat sosok-sosok ganjil atau bayangan-bayangan yang tidak umum. Namun inilah yang dialami anak indigo, anak yang terlahir dengan kemampuan dan bakat yang spesial. Sayangnya, orangtua yang ketakutan justru menganggap kemampuan anaknya sebagai penyakit.

Anak indigo memang memiliki beberapa kemampuan yang terbilang aneh. Ada yang dapat meramal kejadian di masa depan, melihat masa lampau, melakukan telepati, hingga melihat penampakan makhluk halus. Terang saja orang-orang awam yang merasa ganjil dengan kemampuan anak indigo bergidik.

Karena dalam masyarakat mayoritas adalah pemegang kuasa, maka indigo yang notabene adalah minoritas dianggap aneh. Bahkan tak jarang orangtua menganggap anak indigo mengalami kelainan semacam halusinasi atau lebih parah lagi, skizofrenia.

"Skizofrenia yang terjadi pada anak di bawah usia 17 tahun amat jarang terjadi. Jikalaupun ada anak yang mengalami skizofrenia, maka biasanya gejalanya serius dan semakin parah ketika dewasa," kata dr Andri SpKj, psikiater dari RS Omni Alam Sutra Jakarta ketika berbincang dengan detikHealth sepeti ditulis Rabu (3/10/2012).

Skizofrenia biasanya didahului oleh depresi dan diakibatkan oleh stres atau pengalaman traumatis. Anak yang terlahir dengan kemampuan melihat atau merasakan hal-hal yang di luar nalar tentu belum mengalami pengalaman yang sebegitu hebohnya sampai memicu depresi. Oleh karena itu, bisa jadi anak tersebut memang memiliki kemampuan spiritual atau indigo.

Meskipun demikian, Dr Andri mengakui bahwa kemampuan yang disebut dengan indigo ini banyak dibuat rancu oleh gangguan-gangguan kejiwaan yang lain seperti ADHD, autisme, halusinasi dan bahkan skizofrenia. Oleh karena itu, diagnosa untuk menentukan seorang anak indigo atau tidak memang memerlukan proses yang panjang.

Pada anak indigo, salah satu ciri khasnya adalah memiliki kecerdasan yang tinggi, jadi tak hanya mengandalkan kemampuan penglihatan 'super' saja. Anak indigo dapat mempelajari dan mengembangkan konsep lebih cepat dibanding anak-anak seusianya. Namun ada juga gangguan psikologis pada anak yang menyerupai karakteristik ini.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit