detikhealth

Ulasan Khas Fenomena Ganjil Anak Indigo

Julukan yang Sering Diterima Anak Indigo

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 03/10/2012 15:31 WIB
Julukan yang Sering Diterima Anak Indigo(Foto: thinkstock)
Jakarta, Anak indigo memang berbeda. Mereka terlahir dengan berkah kemampuan spiritual dan kecerdasan yang tinggi, sehingga bisa melihat dan merasakan hal-hal berbau supranatural. Karena itulah banyak yang menjulukinya sebagai dukun atau paranormal.

Anak indigo terlahir dengan kemampuan yang bersifat spiritual dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Kemampuan spiritual tersebut meliputi kemampuan untuk melihat masa depan, melihat masa lampau, telepati, membaca pikiran, bahkan melihat hal-hal yang gaib seperti hantu, makhluk halus dan hal-hal supranatural lainnya.

Tak jarang orang menyebut anak indigo sebagai anak yang memiliki indra keenam.

Karena kemampuan tersebut, banyak anak indigo yang diminta untuk meramal dan menerawang masa depan, menyembuhkan penyakit dan melihat hal-hal di luar akal sehat lainnya.

Bahkan karena kemampuan itu pula, masyarakat memberi berbagai julukan untuk anak indigo, seperti dukun, paranormal, tabib atau orang sakti.

"Saya tidak pernah menyebut anak indigo dengan sebutan paranormal karena mereka sebenarnya juga normal. Anak indigo bisa disebut anak berbakat istimewa karena aspek spiritualnya lebih menonjol," ujar dr Erwin Kusuma SpKJ (K), psikiater dari RSPAD Gatot Subroto, saat berbincang dengan detikHealth, seperti ditulis Rabu (3/10/2012).

Menurut dr Erwin, ada beberapa ahli yang memiliki sebutan lain untuk anak indigo, yaitu Nostradamus yang menyebutnya sebagai pemimpin-pemimpin yang bersorban biru. Sedangkan Edgar Cayse menyebutnya sebagai highly spiritual children, dan ada juga ahli yang menyebutnya super psychic children.

Namun psikiater anak, dr Suzy Yusnadewi, Sp.KJ(K), menyayangkan pemberian julukan tersebut. Menurutnya, pemberian julukan negatif seperti dukun pada anak indigo, bisa berdampak hilangnya masa kanak-kanak sang anak. Hal ini karena tidak jarang kemampuan tersebut justru dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

"Banyak yang menyebut anak indigo sebagai dukun yang bisa memprediksi masa yang akan datang. Itu bisa berdampak tidak bagus untuk anak. Dia bisa kehilangan masa kanak-kanaknya, karena dengan julukan itu banyak orang berdatangan meminta pertolongan," jelas dr Suzy Yusnadewi, Sp.KJ(K), psikiater anak dari RSJ Grogol, saat berbincang dengan detikHealth, seperti ditulis Rabu (3/10/2012).

Hal senada juga disampaikan oleh dr Erwin, yang kini menjabat sebagai penasihat Yayasan Peduli Pendidikan Anak Indigo (YPPAI). Sebagai psikiater anak, ia berprinsip bahwa tidak boleh merenggut masa kana-kanak seorang anak.

"(Kemampuan spiritual anak indigo) Boleh dimanfaatkan tetapi harus dibatasi," kata dr Tb Erwin Kusuma, SpKJ(K), psikiater anak dari RSPAD Gatot Subroto.

Bagi dr Erwin, masa kanak-kanak bagi anak indigo sekalipun tetap merupakan masa untuk bermain dan bergembira. Tidak adil baginya kalau waktu untuk hal-hal yang menyenangkan itu terampas untuk kepentingan tertentu, misalnya demi kebanggaan orangtua atau yang lebih parah untuk mencari uang.



(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit