detikhealth

Ulasan Khas Fenomena Ganjil Anak Indigo

Cara Mendeteksi Anak Indigo

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 03/10/2012 16:32 WIB
Cara Mendeteksi Anak Indigoilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Kemampuan anak indigo secara psikologis sudah bisa dideteksi sejak anak usia 3 tahun. Bagaimana cara mendeteksi apakah anak ini indigo atau tidak?

"Anak indigo seringkali menguasai berbagai bidang dengan baik, sesuai dengan tipenya. Secara psikologis, anak berumur 3 tahun setelah bisa bicara dapat dideteksi kemampuan indigonya," jelas dr Erwin Kusuma SpKJ (K), psikiater dari RSPAD Gatot Subroto ketika berbincang dengan detikHealth seperti ditulis, Rabu (3/10/2012).

Secara fisik anak-anak indigo tak jauh berbeda dengan anak lainnya. Hanya batinnya saja yang lebih dewasa. Anak-anak indigo sering memperlihatkan sifat orang dewasa, sangat cerdas dan memiliki indera keenam yang sangat tajam.

Oleh karena itu, untuk dapat memahami anak indigo, diperlukan pendekatan yang menyeluruh dangan memperhatikan semua faktor pada orang secara utuh dengan lingkungannya.

"Pemeriksaan anak indigo dapat dilakukan oleh dokter spesialis anak, psikiater anak, psikolog anak, pedagog atau pendidik yang telah terlatih, aura imaging dan hipnografi untuk melihat kemampuan komunikasi spiritualnya. Masing-masing pemeriksaan ini memilki aspeknya masing-masing," kata dr Erwin.

Untuk mengetahui seorang anak indigo atau tidak dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Pemeriksaan Kecerdasan
Pemeriksaan secara psikologis dapat dilakukan dengan cara mengukur tingkat kecerdasan anak. Anak indigo memiliki kecerdasan yang tinggi, bahkan melebihi kecerdasan rata-rata anak pada umumnya. Untuk dapat dikatakan sebagai indigo, IQ seorang anak harus lebih dari 130 poin.

2. Periksa Aura
Aura adalah energi elektromagnetic yang berputar mengelilingi tubuh. Energi ini tergambar dalam aneka warna yang beragam dan dapat dilihat melalui pemeriksaan Aura Video Station atau ESP (Extra Sensory Perception). Anak indigo memiliki aura berwarna keunguan yang merupakan representasi kondisi mental yang bersifat spiritual.

3. Membandingkan Dengan Realitas
Anak indigo sering dianggap berhalusinasi apabila melihat bayangan atau sosok yang aneh dan ganjil. Untuk memastikan keabsahanannya, bisa dicek langsung dengan realitas di lapangan.

Misalnya pada anak indigo dengan kemampuan melihat kejadian di masa depan atau precogniton, apabila perkataannya kemudian lantas benar terjadi, maka ada kemungkinan ia indigo. Jika banyak perkataannya yang ternyata terbukti, maka jelas sudah ia memiliki kemampuan indigo.

Bisa juga diperbandingkan dengan orang indigo lainnya. Apabila sama-sama memiliki bayangan atau gambaran yang sama, maka perkataannya tidak mengada-ada.


(pah/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit