detikhealth

8 Cara Mencegah Stroke pada Wanita

Linda Mayasari - detikHealth
Rabu, 03/10/2012 18:57 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Pria mungkin lebih banyak melakukan faktor-faktor risiko stroke dibanding wanita seperti merokok, minum minuman beralkohol dan jarang berolahraga. Tetapi kenyataanya, kasus stroke lebih banyak terjadi pada wanita yang risikonya lebih besar hingga 2 kali lipat.

Faktor risiko yang terjadi pada wanita mungkin seperti komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia dan diabetes gestational, penggunaan pil KB, dan bahkan penelitian baru menunjukkan depresi dapat meningkatkan risiko stroke pada wanita hingga 70 persen dibanding pria yang juga depresi.

Berikut 8 cara mencegah penyakit stroke pada wanita berdasarkan penelitian terbaru, seperti dilansir prevention, Rabu (3/10/2012) antara lain:

1. Berjalan sekitar 20 menit sehari
Jangan terlalu mengandalkan kendaraan setiap hari dan luangkan waktu untuk berjalan sekitar 20 menit per hari. Total waktu berjalan hingga 2 jam seminggu dapat mengurangi risiko stroke sebesar 30 persen, menurut sebuah studi terhadap 40.000 wanita yang telah dilakukan selama 12 tahun periode penelitian.

Berjalan cepat juga dapat mengurangi kemungkinan stroke hingga hampir 40 persen.

2. Kenali tanda-tanda stres lebih dini dan redakanlah
Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 80.000 wanita, depresi dapat meningkatkan risiko stroke hingga 29 persen. Wanita yang depresi cenderung melakukan kebiasaan yang tidak sehat seperti makan berlebihan, merokok, dan kurang berolahraga.

Selain itu juga depresi meningkatkan risiko masalah medis yang tidak terkontrol, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, yang juga dapat meningkatkan risiko stroke. Kenali gejala depresi lebih dini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit