detikhealth

Benarkah Minum Jeruk Setelah Makan Udang Bisa Bikin Keracunan?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 04/10/2012 15:58 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Reno semalam baru saja makan lobster dan minum es jeruk setelah menjamu kliennya di sebuah hotel berbintang di Jakarta. Tapi sejam setelah acara itu, ia merasa kliyengan dan muntah-muntah.

Pria 41 tahun itu bingung dengan kejadian itu karena ia merasa badannya seharian fit dan malamnya tidak kurang tidur. Menurut temannya kejadian itu karena ia salah menggabungkan makanan.

Habis makan lobster atau udang konon katanya tidak boleh minum air jeruk karena bisa memicu keracunan yang mengakibatkan kematian. Reno merasa lega karena ia tak mati keracunan, tapi ia bingung benarkah makan udang plus minum air jeruk bisa memicu keracunan?

Selama ini memang ada anggapan di masyarakat jika habis mengonsumsi udang atau lobster tidak boleh minum jus atau minuman yang mengandung jeruk karena bisa memicu keracunan.

Umumnya konsumsi udang akan dihindari jika seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuhnya. Tapi orang-orang tertentu akan menghindari minum jus jeruk setelah makan udang karena dipercaya dapat menyebabkan keracunan fatal dalam waktu beberapa jam.

"Enggak, sebenarnya tidak apa-apa makan udang dan jus jeruk," ujar dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta ketika dihubungi detikHealth, Kamis (4/10/2012).

dr Titi menuturkan jika ada orang yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi keduanya ada kemungkinan udang yang dimakan tersebut tidak fresh atau tidak bagus, misalnya saja mengandung arsenik.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh terlalu banyaknya udang atau jus jeruk yang dikonsumsi. Jus jeruk diketahui bersifat asam, bagi orang yang memiliki masalah pada lambung bisa mengganggu pencernaannya.

"Tapi kalau orangnya normal, tidak konsumsi udang dan jeruk secara berlebihan dan udang yang dimakan juga fresh maka tidak apa-apa atau tidak memicu terjadinya keracunan," ujar dr Titi.

Karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilihlah udang atau lobster yang masih fresh, tidak mengonsumsinya secara berlebihan tapi dalam batas normal saja serta pada orang dengan gangguan lambung sebaiknya hindari minuman asam.

(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit