detikhealth

Bisakah Benjolan di Leher Sembuh Tanpa Operasi?

Senin, 08/10/2012 10:24 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dok, saya ada benjolan di leher sebelah kanan. Awal munculnya kira-kira 3 bulan yang lalu, tadinya saya hanya berobat ke dokter umum dan selalu diberi obat radang dan antibiotik. Tetapi benjolannya tidak kunjung mengecil bahkan sekarang ada dua dan nyeri kalau ditekan.

Saya juga sudah melakukan rontgen thorax dan paru-paru saya baik (dalam artian bukan gejala TB). Belum lama ini saya konsultasi ke dokter THT, dan dokter tersebut merujuk saya untuk melakukan tindakan biopsi eksisi (pengangkatan) baru kemudian bisa diteliti kemudian apakah benjolan tersebut merupakan kanker atau tidak.

Yang jadi pertanyaan saya, apakah mungkin dok, kalau tanpa proses operasi atau pengangkatan penyakit saya bisa disembuhkan? Kalau memang harus dilakukan pengangkatan, berapa perkiraan biayanya dok? Terimakasih banyak dokter.

Yuli (Perempuan Menikah, 25 Tahun), yuli_XXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 161 Cm, Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Benjolan tersebut di rumah sakit kami ada pengobatan tanpa operasi. Namun sebelum pengobatan disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti misalnya pemeriksaan CT-Scan dan biopsy langsung pada benjolan tersebut.

Setelah itu Ibu dapat membawa hasilnya ke kantor dan konsultasi langsung dengan dokter di alamat Menara Citicon, JL.Letjen S Parman kav 72 lantai 11 blok c2, Slipi-Jakbar, 021-29308708,021-92088881.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit