detikhealth

Trigliserida Tinggi, Apa Pengaruhnya ke Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 09/10/2012 10:40 WIB
Trigliserida Tinggi, Apa Pengaruhnya ke Jantung?Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dok, sekitar sebulan lalu saya dicek darah, hasilnya gula normal, kolesterol normal, asam urat hampir melewati batas normal dan trigleresida (TG) saya 2 kali lipat dari batas normal.

Pertanyaannya :

1. Apakah dampak dari tingginya TG tersebut terhadap jantung?
2. Saya ada keluhan suka sakit leher atau kaku apakah ini ada hubungannya dengan itu?
3. Diet atau pantangan apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

Abioga (Pria Menikah, 34 tahun), am_XXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 168 cm dan Berat Badan 83 kg

Jawaban:

Dear Abioga,

Berdasarkan pernyataan Anda, terlebih dahulu kami ingin mengetahui pemeriksaan jantung apa saja yang telah Anda lakukan sebelumnya? Jika anda belum pernah melakukan pemeriksaan, kami sarankan anda melakukan pemeriksaan CT Scan.

Kami ingin lebih memahami kondisi anda saat ini, Jika anda mempunyai waktu, Anda datang ke kantor kami untuk berkonsultasi langsung dengan Dokter kami (gratis).

Trigliserida (TG) merupakan salah satu komponen lemak yang fungsinya sebagai cadangan energi. Kelebihan kalori yang ada dalam tubuh akan disimpan salah satunya dalam bentuk trigliserida.

Normalnya, kadar trigliserida tidak lebih dari 150 mg/dL. Apabila berlebihan, maka risiko berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner serta diabetes akan meningkat. Sebaliknya, penyakit-penyakit tersebut juga bisa meningkatkan kadar trigliserida.

Pada beberapa orang, kelebihan kolesterol juga ditandai dengan otot yang terasa nyeri atau kaku. Meski demikian, tidak semua orang mengalami gejala yang sama dan bahkan banyak yang tidak mengalami gejala sama sekali dan beru ketahuan lewat tes darah.

Pada dasarnya tidak ada kewajiban untuk pantang makanan, hanya memang ada beberapa jenis makanan yang harus dikurangi porsinya karena bisa memicu peningkatan kadar kolesterol. Conrohnya bahan makanan hewani seperti daging, susu dan telur. Santan juga perlu dikurangi meski tidak mengandung kolesterol, karena di dalam tubuh bisa memicu peningkatan kadar kolesterol.

Jika ada yang masih ingin Anda tanyakan, Anda bisa menghubungi kami atau Anda juga bisa datang ke kantor kami dan berkonsultasi dengan dokter kami dengan membawa data pemeriksaan kesehatan jantung Anda. Terimakasih.


Profesor Xiao Mingdi
Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(up/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit