detikhealth

Ulasan Khas Miss V Sehat Yes!

Perawatan Standar yang Bikin Alat Vital Wanita Ceria

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 10/10/2012 13:04 WIB
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Prinsipnya sangat mudah untuk diingat, namun dalam penerapannya sering terjadi kesalahan atau yang paling fatal malah lupa menerapkan.

Misalnya saja, sangat mudah untuk mengingat-ingat pantangan untuk tidak menyentuh bagain tersebut dengan tangan yang kotor. Meski sudah cuci tangan, kadang masih terlupakan bahwa kuku yang tidak dipotong bisa menyebabkan luka di permukaan Miss V sehingga memberi jalan masuk bagi kuman.

"Luka pada vagina itu tidak terlalu terasa, seringkali gejalanya baru terasa kalau sudah parah," kata Dr R Muharam, SpOG(K), dokter kandungan dari Klinik Yasmin RS Cipto Mangunkusumo, saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (10/10/2012).

Selain menghindari luka pada permukaan organ intim kewanitaan yang memang sangat sensitif, ada beberapa hal yang termasuk dalam prinsip-prinsip perawatan standar bagi Miss V agar selalu Cheerfull alias ceria.

1. Ganti pembalut atau panty liner secara teratur

"Jangan gunakan pembalut kelamaan," pesan Dr Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa SpKK, dokter kulit dari RS Sanglah Denpasar, saat dimintai saran-saran terkait perawatan organ intim kewanitaan oleh detikHealth.

Anjuran umum mengatakan, panty liner maupun pembalut bagi yang sedang datang bulan sebaiknya diganti tiap 2 jam. Bagi yang sangat aktif atau haidnya sangat banyak, pembalut atau panty liner harus lebih sering diganti agar organ-organ di sekitarnya tidak lembab dan ditumbuhi kuman.Next

Halaman 1 2 3
(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit