detikhealth

Ulasan Khas Miss V Sehat Yes!

Fenomena Tidak Biasa dari Miss V

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 10/10/2012 14:02 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Karena merasa malu atau risih, beberapa wanita mungkin enggan bertanya kepada orang lain mengenai kondisi organ kewanitaanya. Beberapa keanehan pada organ ini seringkali sudah lumrah, namun ada juga yang bisa merupakan tanda bahaya.

Vagina dihuni oleh banyak bakteri dan membutuhkan penanganan yang telaten agar kondisinya tetap sehat. Meskipun terkadang sepele, ada beberapa kondisi tak biasa yang perlu diwaspadai. Tak jarang pula kondisi tersebut baru terasa gejalanya setelah penyakit yang ditimbulkan bertambah parah.

"Luka pada vagina seringkali tidak terasa dan baru ketahuan setelah terjadi infeksi. Yang lebih mudah ketahuan adalah adanya benjolan di kanan kiri bibir vagina karena beberapa penyebab dan belum tentu berbahaya,” kata dr R Muharram, SpOG dari Klinik Yasmin RSCM dalam perbincangannya dengan detikHealth seperti ditulis Rabu, (10/10/2012).

Beberapa keanehan pada vagina yang bisa terjadi antara lain:

1. Benjolan di sekitar bibir vagina
Benjolan yang tumbuh di sekitar vagina dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab dan belum tentu berbahaya. Penyebabnya bisa sumbatan kelenjar, infeksi, bahkan tumor.

Kebanyakan benjolan terjadi pada kanan kiri vagina yang terdapat sebuah kelenjar. Penyebabnya bisa disebabkan karena sumbatan dan bisa berkembang menjadi infeksi. Benjolan di sekitar vagina sebaiknya diperiksakan segera untuk mendeteksi kemungkinan tumor.

2. Keputihan
Vagina menghaslkan cairan bening dan tak berbau sebagai pembersih dan pelindung. Jika cairan ini keluar secara berlebihan, dapat menyebabkan keputihan. Tanda-tandanya cairan vagina yang muncul disertai bau busuk, berwarna kekuningan dan lebih kental. Terkadang juga disertai gatal.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit