detikhealth

Ulasan Khas Miss V Sehat Yes!

Ya Ampun! Ada Tato Vagina

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 10/10/2012 18:53 WIB
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Mungkin karena terlalu menyayangi organ intim kewanitaannya, beberapa perempuan merasa tidak cukup hanya dengan merawatnya saja. Perempuan-perempuan ini juga menghiasnya dengan gambar-gambar yang dirajah dengan tato permanen. Amankah?

Meski kesannya sia-sia karena toh tidak ada yang bakal melihatnya selain pasangannya sendiri, tato di area Miss V juga punya penggemar tersendiri. Penelusuran di internet menunjukkan berbagai kreasi gambar-gambar lucu yang dibuat dengan tato permanen di sekitar Miss V.

Salah satunya dengan memanfaatkan belahan bibir luar Miss V yang warnanya agak gelap dibanding daerah di sekitarnya, lalu digambar sedemikian rupa jadi seperti mulut Hommer Simpson yang tebal dan sangat khas. Ada juga yang sekedar diberi ornamen gambar-gambar bunga.

Selama tidak dibuat di bagian yang terlalu sensitif, maka tato di sekitar Miss V risikonya sama saja dengan tato di bagian tubuh yang lain. Baru dibutuhkan perhatian khusus kalau tato tersebut mau dibuat di bagian sensitif misalnya bibir Miss V.

"Risiko membuat tato di sekitar labia mayor (bibir luar) terutama yaitu risiko terjadinya pendarahan maupun infeksi," kata Dr Eddy Karta, SpKK, pakar kesehatan kulit dan kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (10/10/2012).

Risiko terjadinya pendarahan dan infeksi di labia mayor lebih tinggi karena permukaan kulitnya tipis dan sangat sensitif. Banyak saraf-saraf yang berfungsi sebagai penerima rangsang seksual di bagian tersebut, sehingga rentan mengalami luka dan kerusakan jika ditusuk-tusuk jarum tato.

Risiko lainnya hampir tidak berbeda dengan risiko membuat tato di bagian tubuh yang lain. Jadi selama tidak alergi dengan bahan-bahan yang digunakan, alatnya steril dan memang menyukai tato sebagai karya seni, tidak ada larangan khusus untuk membuat tato di bagian mana pun.

(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit