detikhealth

Bantu Bayi Mengatasi Perut Kembung dengan Cara Ini

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 19/10/2012 17:00 WIB
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Bayi dapat mengalami kembung ketika minum susu karena udara ikut tertelan dan mengumpul di perut yang membuat perut bayi tidak nyaman. Gas dalam perut bayi harus segera dikeluarkan agar bayi kembali nyaman dan tenang.

Gas penyebab kembung dalam perut bayi tersebut akan keluar dengan sendirinya ketika bayi bersendawa. Kebanyakan bayi akan kesulitan untuk bersendawa, mengingat bersendawa merupakan hal yang baru baginya, oleh karena itu Anda perlu membantu bayi agar dapat bersendawa.

Seperti dilansir whattoexpect, Jumat (19/10/2012) berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu bayi mengeluarkan gas penyebab kembung dalam perutnya:

1. Menyusui bayi dengan posisi yang tepat
Posisikan kepala bayi agar lebih tinggi dari perutnya ketika sedang menyusui, tujuannya adalah agar udara lebih mudah dipisahkan dari air susu. Air susu yang masuk ke perut bayi akan membuat udara naik ke kerongkongan dan membuat bayi lebih mudah bersendawa.

Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang menyusui bayi dengan botol. Pegang botol dengan posisi miring agar gelembung udara dalam botol susu tidak ikut masuk ke mulut bayi.

2. Memangku bayi tepat di bagian perutnya
Jika bayi terus-terusan rewel karena perutnya yang kembung dan tidak kunjung bersendawa, cobalah untuk menempatkan perut bayi di pangkuan Anda. Hal ini akan memberikan tekanan ekstra pada perut bayi dan membantu bayi bersendawa.

3. Berikan pijatan lembut pada perut bayi
Anda tidak dapat memaksa bayi untuk terus-menerus mencoba bersendawa. Berikan waktu kepada bayi untuk istirahat, kemudian cobalah untuk memangku bayi kembali tepat di bagian perutnya.

Jika hal ini tidak kunjung berhasil, Anda dapat memberikan pijatan lembut pada perut bayi selama waktu istirahat. Hal ini tidak hanya membantu menenangkan bayi, tetapi juga dapat membantu memberikan tekanan agar bayi segera bersendawa.




(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit