detikhealth

Awas, Susah BAB Kronis Tingkatkan Risiko Kanker Kolorektal

Linda Mayasari - detikHealth
Kamis, 25/10/2012 12:00 WIB
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Jangan mengabaikan kondisi susah buang air besar karena mungkin merupakan gejala sembelit. Sembelit yang telah kronis dan tidak segera ditangani bahkan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal, yaitu kanker yang menyerang usus besar dan rektum.

Para peneliti melakukan studi terhadap 28.854 pasien kanker kolorektal yang juga mengalami sembelit kronis dan 86.562 pasien kanker kolorektal yang tidak mengembangkan sembelit kronis.

Studi dilakukan dengan mengendalikan faktor kanker kolorektal seperti usia, jenis kelamin, riwayat penyakit keluarga, dan penyakit usus lainnya. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengalami sembelit kronis lebih berisiko mengembangkan kanker kolorektal.

Orang yang telah didiagnosa dokter dengan sembelit kronis perlu segera mendapat pengobatan, karena jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, akan berakibat buruk bagi usus besar dan rektum.

Sembelit kronis mungkin berpengaruh terhadap pertumbuhan sel-sel kanker pada usus besar dan rektum, yang dapat berkembang setelah 18 tahun sejak diagnosa sembelit kronis.

Sembelit kronis dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal hingga 1,78 kali lipat dibanding orang yang tidak mengalami sembelit kronis. Selain itu, pasien sembelit kronis juga berisiko 2,7 kali lebih mungkin mengembangkan neoplasma jinak, yaitu jaringan abnormal yang dapat tumbuh secara berlebihan.

"Meskipun sembelit kronis dianggap penyakit yang relatif jinak, tetapi memerlukan perawatan agar tidak meningkatkan risiko kanker kolorektal maupun neoplasma jinak" kata Nicholas Talley, MD, Ph.D., salah seorang peneliti dari University of Newcastle, seperti dilansir medindia, Kamis (25/10/2012.

Studi ini hanya menunjukkan asosiasi antara sembelit kronis dengan kanker kolorektal, dan bukan menunjukkan sebab akibat. Hasil studi tersebut dipresentasikan dalam pertemuan tahunan ke-77 American College of Gastroenterology's (ACG) di Las Vegas.




(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit