detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

32 Muda Mudi 'Gila' Siap Bikin Perubahan di Indonesia

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 25/10/2012 16:40 WIB
Halaman 1 dari 2
Pencerah Nusantara (dok. detikHealth)
Jakarta, Setelah menjalani masa pelatihan secara intensif selama tujuh minggu di Jakarta dan Bandung, 32 pemuda pemudi Pencerah Nusantara angkatan pertama siap berangkat ke daerah penugasan masing-masing. Dengan 'gila' semangat dan tekad, muda mudi ini siap menjadi agen perubahan kesehatan Indonesia.

Pencerah Nusantara merupakan program yang baru pertama kalinya digelar oleh Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Milenium Development Goals (KUKPRI-MDGs). Salah satu tujuannya memang membantu pencapaian MDGs khususnya di bidang kesehatan.

Para peserta pilihan ini terdiri dari 8 dokter umum, 6 bidan, 7 perawat dan 11 pemerhati kesehatan. Usianya belum melebihi 30 tahun dan belum lebih dari 5 tahun lulus universitas, namun punya kepedulian dan komitmen untuk membaktikan ilmunya di daerah.

Setelah melalui seleksi yang panjang, terpilihlah 32 pemuda dan pemudi terbaik untuk menjadi peserta program Pencerah Nusantara, yang akan mengabdi selama 1 tahun di daerah masing-masing.

32 Pemuda pemudi ini menyebut dirinya 'gila', tentu bukan dalam arti sebenarnya. Yang dimaksudkan adalah gila semangat dan gila tekad untuk dapat mengkontribusikan tenaga dan keterampilannya memberikan pelayanan kesehatan primer kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

"Saya adalah orang yang 'gila' dan di sini saya menemukan wadah yang bisa menampung aspirasi kami. Ternyata benar, kami ini adalah 'orang-orang gila' yang siap menularkan 'kegilaannya' untuk perubahan," ujar dr. A.A Dwi Wulantari, salah satu Pencerah Nusantara asal Bali, dalam acara diskusi dan konsultasi di Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Milenium Development Goals (KUKPRI-MDGs), Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Hal serupa juga disampaikan Shafhan Dustur, dokter umum asal Aceh Barat, NAD. Ia mengaku dirinya 'gila' tapi bukan sebagai pasien gangguan jiwa, melainkan orang dengan 'gila' semangat dan tekad, untuk dapat terjun dan benar-benar mengabdikan diri ke masyarakat.Next

Halaman 1 2
(mer/nvt)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit