detikhealth

Cegah Keriput dengan Minuman Berkolagen?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 29/10/2012 15:26 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Perempuan akan melakukan segala cara untuk mencegah keriput, mulai dari krim hingga minuman yang mengandung kolagen. Tapi benarkah minuman berkolagen ini bisa mencegah datangnya keriput?

Normalnya seiring bertambah usia maka sedikit demi sedikit keriput atau kerutan di wajah akan timbul. Kondisi ini tentu membuat seseorang tidak lagi terlihat muda, karenanya berbagai cara dilakukan untuk mencegah datangnya keriput.

Beberapa orang menyatakan kolagen dari minuman ini akan memasuki darah dan diam di sana selama 8 minggu untuk menggantikan kolagen di kulit. Namun sepertinya pembuat minuman ini tidak mempertimbangkan adanya proses pencernaan.

Makanan atau minuman yang dikonsumsi akan dicerna di perut lalu masuk ke usus kecil yang mana terdapat enzim pencernaan. Enzim ini bertugas memecah molekul besar yang kompleks seperti protein, dan kolagen ini sendiri termasuk protein.

Proses ini dapat mencerna kolagen yang masuk, dan ada kemungkinan kolagen tak masuk ke aliran darah. Jika kolagen dibiarkan tetap utuh di dalam usus, maka molekul ini terlalu besar untuk menembus dinding usus dan masuk ke dalam aliran darah.

Kalau pun kolagen ini bisa masuk ke dalam aliran darah maka jumlahnya akan sangat kecil, dan masih diragukan apakah bisa langsung cukup mencegah datangnya keriput di wajah.

"Kolagen adalah protein yang rumit, dan seiring dengan bertambahnya usia maka kita akan kehilangan itu," ujar dokter dermatologi kosmetik Dr Sam Bunting, seperti dikutip dari Mirror, Senin (29/10/2012).

Dr Sam menuturkan ada beberapa hal yang bisa mempercepat datangnya keriput terutama di wajah yaitu paparan sinar matahari dan juga merokok. Untuk itu dalam pencegahannya diharapkan tidak hanya mengandalkan penggunaan pil, krim atau pun minuman.

"Untuk mencegah keriput, cara sederhananya adalah lebih baik gunakan sunblock setiap hari termasuk saat musim dingin, hindari paparan sinar matahari langsung dan tidak merokok," ujar Dr Sam.

(ver/vta)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit